<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR)"^^ . "Mahin Ainun Naim, S.Pd.I., 2016. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam\r\nMengembangkan Kompetensi Siswa Di Bidang Teknologi Informasi Dan\r\nKomunikasi (Studi Kasus di SMAN 1 Blega Bangkalan Madura Jawa Timur),\r\nTesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentarsi Manajemen dan Kebijakan\r\nPendidikan Islam Program Pascarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.\r\nManajemen kurikulum adalah pengelolaan perangkat mata pelajaran dan\r\nprogram pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan serta dilaksanakan\r\noleh pengelola pendidikan atau yang bersangkutan. Pengelolaan kurikulum\r\ntersebut dilaksanakan mengacu pada pencapaian kompetensi peserta didik yang\r\ntelah ditentukan dalam perencanaan kurikulum. Dalam hal ini, yang menjadi\r\nacuan adalah kurikulum TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)\r\nUntuk mengetahui pelaksanaan fungsi manajemen kurikulum dalam\r\nmengembangkan kompetensi siswa di bidang Teknologi Informasi dan\r\nKomunikasi di SMAN 1 Blega Bangkalan Madura Jawa Timur ; (2) Untuk\r\nmengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi siswa\r\ndi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Blega Bangkalan\r\nMadura Jawa Timur.\r\nMetode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian\r\nlapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif\r\nanalitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data.\r\nTeknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,\r\ndokumentasi, dan wawancara. Dalam analisis data, data yang dikumpulkan\r\nterlebih dahulu adalah data observasi, data wawancara, dan data dokumentasi.\r\nKemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebih\r\nmudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang\r\ndigunakan adalah teknik trianggulasi yaitu menguji valid tidaknya data melalui\r\npengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data.\r\nHasil penelitian ini menunjukan, bahwa : (1) pelaksanan fungsi\r\nmanajemen kurikulum TIK di SMAN 1 Blega yaitu meliputi 4 aspek pertama,\r\nperencanaan kurikulum TIK: kepala sekolah menghadirkan guru TIK, tim\r\nkurikulum, dan komite sekolah yang dikemas dengan MGMP. Dalam perumusan\r\ntersebut membahas mata pelajaran TIK dengan memperhatikan tujuan dan isi\r\nkurikulum TIK, silabus, dan standar kompetensi dasar. Kedua, pengorganisasian\r\nkurikulum TIK: mata pelajaran TIK di kelompokkan ke dalam mata pelajaran\r\nIptek. Dengan demikian guru TIK sepakat dengan kepala sekolah untuk\r\nmemperhatikan materi yang akan disampaikan dengan mengacu pada silabus dan\r\nkompetensi dasar TIK. Selain itu juga memperhatikan pengalokasian waktu dalam\r\nproses pembelajaran TIK yang dilaksanakan selama 90 menit dalam satu kali\r\npertemuan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler serta bimbingan bagi\r\npeserta lomba ketika ada lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran TIK.\r\nKetiga, pelaksanaan kurikulum TIK, dalam hal ini, kepala sekolah berupaya\r\nmengembangkan kemampuan guru mata pelajaran TIK dengan mengadakan PKG\r\nbagi guru TIK dan Bimtek TIK. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran TIK,\r\nguru mata pelajaran menyiapkan kerangka pembelajaran atau Rencana\r\nPelaksanaan Pembelajaran yang mengacu pada Standar Kompetensi dan\r\nix\r\nKompetensi Dasar. Keempat, evaluasi kurikulum TIK, pengevaluasian kurikulum\r\nTIK dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dengan menghadirkan semua\r\npihak sekolah yang berperan dalam pengelolaan pendidikan. Dalam rapat tersebut,\r\nselain membahas tentang perencanaan kurikulum TIK juga mengevaluasi\r\nkurikulum TIK yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian juga diadakan\r\nrapat evaluasi kurikulum TIK pada periode semester, evaluasi tersebut\r\ndilaksanakan untuk pengevaluasian kurikulum TIK yang telah dilaksanakan\r\nsetelah terlaksananya perencanaan kurikulum TIK ; (2) problematika dalam\r\nimplementasi manajemen kurikulum TIK yang dialami oleh SMAN 1 Blega : (a)\r\nguru kurang aktif dalam mengembangkan hasil perumusan perencanaan\r\nkurikulum. (b) Proses pembelajaran yang hanya dicukupkan dalam program\r\nintrakurikuler. (c) Perlengkapan komputer yang kurang memadai untuk praktik\r\nTIK. (d) terdapat kriteria ketuntasan minimal yang belum dicapai oleh beberapa\r\nsiswa dalam evaluasi kurikulum TIK. (e) Lingkungan yang kurang mendukung\r\nbagi peserta didik dalam mengaplikasikan program-program komputer.\r\nRekomendasi dalam penelitian ini ialah agar guru TIK dapat mengembangkan\r\nperumusan perencanaan kurikulum TIK dan lebih sering berkomunikasi dengan\r\natasan terkait kurikulum TIK. Diberikan jam tambahan bagi siswa terkait\r\nkompetensi TIK. Melengkapi dan menambah fasilitas TIK dan juga meningkatkan\r\nminat belajar siswa terkait TIK, sehingga tidak frustasi dengan kondisi lingkungan\r\npeserta didik."^^ . "2016-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 142010058"^^ . "MAHIN AINUN NAIM, SPDI"^^ . "NIM. 142010058 MAHIN AINUN NAIM, SPDI"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Text)"^^ . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Text)"^^ . . . "1420410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM\r\nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)\r\n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22648 \n\nIMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM \nMENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI \nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) \n(STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .