eprintid: 22648 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/26/48 datestamp: 2016-11-22 08:35:51 lastmod: 2016-11-22 08:35:51 status_changed: 2016-11-22 08:35:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAHIN AINUN NAIM, SPDI, NIM. 142010058 title: IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen Kurikulum TIK, Pengembangan Kompetensi note: Dr. H. Tasman Hamami, MA abstract: Mahin Ainun Naim, S.Pd.I., 2016. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa Di Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus di SMAN 1 Blega Bangkalan Madura Jawa Timur), Tesis. Program Studi Pendidikan Islam, Konsentarsi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam Program Pascarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Manajemen kurikulum adalah pengelolaan perangkat mata pelajaran dan program pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan serta dilaksanakan oleh pengelola pendidikan atau yang bersangkutan. Pengelolaan kurikulum tersebut dilaksanakan mengacu pada pencapaian kompetensi peserta didik yang telah ditentukan dalam perencanaan kurikulum. Dalam hal ini, yang menjadi acuan adalah kurikulum TIK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan fungsi manajemen kurikulum dalam mengembangkan kompetensi siswa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Blega Bangkalan Madura Jawa Timur ; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengembangan kompetensi siswa di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMAN 1 Blega Bangkalan Madura Jawa Timur. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam analisis data, data yang dikumpulkan terlebih dahulu adalah data observasi, data wawancara, dan data dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dirangkum dan disusun sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik trianggulasi yaitu menguji valid tidaknya data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa : (1) pelaksanan fungsi manajemen kurikulum TIK di SMAN 1 Blega yaitu meliputi 4 aspek pertama, perencanaan kurikulum TIK: kepala sekolah menghadirkan guru TIK, tim kurikulum, dan komite sekolah yang dikemas dengan MGMP. Dalam perumusan tersebut membahas mata pelajaran TIK dengan memperhatikan tujuan dan isi kurikulum TIK, silabus, dan standar kompetensi dasar. Kedua, pengorganisasian kurikulum TIK: mata pelajaran TIK di kelompokkan ke dalam mata pelajaran Iptek. Dengan demikian guru TIK sepakat dengan kepala sekolah untuk memperhatikan materi yang akan disampaikan dengan mengacu pada silabus dan kompetensi dasar TIK. Selain itu juga memperhatikan pengalokasian waktu dalam proses pembelajaran TIK yang dilaksanakan selama 90 menit dalam satu kali pertemuan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler serta bimbingan bagi peserta lomba ketika ada lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran TIK. Ketiga, pelaksanaan kurikulum TIK, dalam hal ini, kepala sekolah berupaya mengembangkan kemampuan guru mata pelajaran TIK dengan mengadakan PKG bagi guru TIK dan Bimtek TIK. Selain itu, dalam pelaksanaan pembelajaran TIK, guru mata pelajaran menyiapkan kerangka pembelajaran atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengacu pada Standar Kompetensi dan ix Kompetensi Dasar. Keempat, evaluasi kurikulum TIK, pengevaluasian kurikulum TIK dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru dengan menghadirkan semua pihak sekolah yang berperan dalam pengelolaan pendidikan. Dalam rapat tersebut, selain membahas tentang perencanaan kurikulum TIK juga mengevaluasi kurikulum TIK yang telah dilaksanakan sebelumnya. Kemudian juga diadakan rapat evaluasi kurikulum TIK pada periode semester, evaluasi tersebut dilaksanakan untuk pengevaluasian kurikulum TIK yang telah dilaksanakan setelah terlaksananya perencanaan kurikulum TIK ; (2) problematika dalam implementasi manajemen kurikulum TIK yang dialami oleh SMAN 1 Blega : (a) guru kurang aktif dalam mengembangkan hasil perumusan perencanaan kurikulum. (b) Proses pembelajaran yang hanya dicukupkan dalam program intrakurikuler. (c) Perlengkapan komputer yang kurang memadai untuk praktik TIK. (d) terdapat kriteria ketuntasan minimal yang belum dicapai oleh beberapa siswa dalam evaluasi kurikulum TIK. (e) Lingkungan yang kurang mendukung bagi peserta didik dalam mengaplikasikan program-program komputer. Rekomendasi dalam penelitian ini ialah agar guru TIK dapat mengembangkan perumusan perencanaan kurikulum TIK dan lebih sering berkomunikasi dengan atasan terkait kurikulum TIK. Diberikan jam tambahan bagi siswa terkait kompetensi TIK. Melengkapi dan menambah fasilitas TIK dan juga meningkatkan minat belajar siswa terkait TIK, sehingga tidak frustasi dengan kondisi lingkungan peserta didik. date: 2016-08-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MAHIN AINUN NAIM, SPDI, NIM. 142010058 (2016) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI SISWA DIBIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) (STUDI KASUS DI SMAN 1 BLEGA BANGKALAN MADURA JAWA TIMUR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22648/2/1420410058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22648/1/1420410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf