eprintid: 22650 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/26/50 datestamp: 2016-11-22 08:41:19 lastmod: 2016-11-22 08:41:19 status_changed: 2016-11-22 08:41:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD ZAENURI, SPDI, NIM. 1420410067 title: PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Bahan Ajar Insya’ . Kitabah note: Dr. Ibnu Burdah, M.A abstract: Bahan ajar merupakan salah satu komponen yang menunjang kegiatan belajar mengajar sehingga dapat mengantarkan arah tujuan yang ingin dicapai. Seiring dengan perkembangan zaman, bahan ajar perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. Bahan ajar di Perguruan Islam Mathali‟ul Falah menunjukkan bahwa materi insya’ lebih ditekankan pada mentarjamah dari bahasa Indonesia kedalam bahasa Arab. Serta dalam proses pembelajarannya tidak disertai dengan adanya buku pegangan khusus untuk materi insya’. Hal tersebut menimbulkan perbedaan pada setiap guru dalam menyusun materi ajar insya’. Penelitian ini bertujuan mengetahui desain, validitas dan efektifitas bahan ajar insya’ dalam pembelajaran kitabah Siswa Kelas II MA Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Kajen-Pati Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dengan tahapan yang terdiri dari 1) tahap eksplorasi, 2) tahap pengembagan bahan ajar, 3) tahap uji coba bahan ajar, dan 4) tahap diseminasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II aliyah B di Perguruan Islam Mathali‟ul Falah Pati yang berjumlah 37 siswa. Data diperoleh dari hasil pre-test dan posttest siswa. Kemudian diuji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dirumuskan tujuan pembelajaran insya’ muwajjah untuk tingkat aliyah kelas dua yaitu siswa mampu mengidentifikasi susunan kalimat bahasa Arab, mampu mengolah kata-kata menjadi susunan kalimat bahasa Arab yang baik dan benar, serta mampu mengungkapkan ide dan pikiran dalam bentuk tulisan berbahasa Arab dengan baik dan benar. Dengan indikator desain sebagai berikut: wad’u al-jumlah, wad’u aljumal, wad’u al-faqrah, wasfu al-ansyitah, tahlil al-jumlah, al-talkhis, binyah alkita bah, dan al-qissah. Para pakar menilai melalui delphy bahwa bahan ajar insya’ layak untuk digunakan. Kemudian bahan ajar insya’ yang digunakan efektif untuk meningkatkan pembelajaran kitabah, dengan nilai siswa terhadap pre-test yang menunjukkan rata-rata nilai ketercapaian adalah 69,3 dan post-test menunjukkan nilai rata-rata nilai ketercapaian 78,1. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan kenaikan yang signifikan sebesar 12,6%. date: 2016-08-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: MUHAMMAD ZAENURI, SPDI, NIM. 1420410067 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSYA’ DALAM PEMBELAJARAN KITABAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH PATI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22650/2/1420410067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22650/1/1420410067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf