relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22669/ title: PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK SULTAN AGUNG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016 creator: SRI TULASIH, NIM: 1420431013 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dengan media gambar dapat meningkatkan motivasi kemampuan berbahasa anak didik, sikap komunikatif anak yang baik dalam kegiatan mereka sehari-hari, ketika di kelas maupun bermain dengan teman-temannya di luar kelas, bersikap komunikatif dengan teman, maupun dengan guru. Penggunaan media gambar yang berfariasi dalam bercerita sangat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran untuk mencapai tujuan, dalam menyampaikan pesan kepada anak lebih menarik, jelas dan obyektif. Tujuan Penelitian ini adalah; 1)Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode bercerita ;2)Untuk mengetahuipenggunan media gambar dalam kegiatan bercerita;3)Untuk mengetahui motivasi anak; 4)Untuk mengetahui kemampuan berbahasa pada anak Usia Dini.;5)Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penggunakan metode bercerita dengan media gambar dalam mengembangkan motivasi kemampuan berbahasa pada anak Usia Dini. Penelitian ini dilakukandi TK Sultan Agung Nglanjaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. Metodeyang digunakan adalah metode studi kasus. Adapun sumber data penelitian terdiri dari Kepala Sekolah,Guru kelas, dan siswa serta didukung oleh sumber lain berupa dokumen – dokumen yaitu buku-buku cerita,dokumen program tahunan,program Semester, RPPM,RPPH,buku Penilaian. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data difokuskan selama proses dilapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan metode bercerita sangat efektif dalam meningkatkan motivasi kemampuan berbahasa, (2) penggunaan media gambar sangat mendukung kegiatan pembelajaran,.(3)motivasi belajar anak dapat termotivasi dengan kemauan anak untuk menunjukkan gambar, menyebutkan tokoh dalam cerita, mau bersosialisasi dengan teman.(4)kemampuan berbahasa anak dapat berkembang dengan baik, anak telah mencapai indikator perkembangan sangat baik, anak mampu berkomunikasi, berceritatentang cerita yang sudah didengarnya, menyebutkan toko -tokoh dalam cerita,mau menjawab pertanyaan, hasil penelitian diperoleh hasil yang cukup memuaskan. Di mana anak didik di kelas B2 Taman Kanak- Kanak Sultan Agung Nglanjaran Sardonoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta, perkembangan kemampuan berbahasanya berkembang menjadi lebih baik. Hal initerlihatdaribanyaknyaperubahanpadasifatmaupunsikapanakdidik.Anak didik bersikap kooperatif, komunikatif, dalamberkomunikasi dengan teman, maupun dengan guru. Kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode bercerita menggunakan media gambar dalam meningkatkan motivasi kemampuan berbahasa anak, adalah sarana media yang tersedia, kemampuan guru untuk membuat media gambar,tidak semua guru memiliki ketrampilan menggambar / membuat media gambar, belum menguasai tehnik– tehnik dalam bercerita dan langka – langkah bercerita yang benar. Dalam mengkondisikan dan menarik perhatian anak memerlukan ketrampilan dan kecakapan dari guru.Kadang kendala juga datang dari anak. Kata kunci: bercerita, media gambar,motivasi, kemampuanberbahasa date: 2016-07-11 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22669/1/1420431013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22669/2/1420431013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: SRI TULASIH, NIM: 1420431013 (2016) PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK SULTAN AGUNG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.