<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman)"^^ . "Tema ini dipilih karena pentingnya untuk menerapkan Multiple\r\nIntelligences dalam pembelajaran akan meningkatkan kemampuan siswa belajar.\r\nMultiple Intelligences adalah macam-macam kecerdasan yang ditemukan oleh\r\nHoward Gardner, yang terdiri dari Sembilan kecerdasan: Verbal/Linguistik,\r\nLogika/Matematik, Visual/Spasial, musical/irama, Bodily/kinesthetic,\r\ninterpersonal, intrapersonal,natural dan eksistensialis. Gardner menyatakan bahwa\r\norang dapat “pintar” dengan banyak cara.\r\nTujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk meningkatkan keaktifan dan\r\nkreatifitas pembelajaran PAUD berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas\r\nHarapan Tambakrejo Ngaglik Sleman Yogyakarta; 2) untuk mengetahui penerapan\r\nevaluasi PAUD berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo\r\nNgaglik Sleman Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif; teknik\r\npengumpulan datanya dilakukan menggunakan beberapa metode, yaitu: metode\r\nobservasi, wawancara, catatan anekdot dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan multiple\r\nintelligences dalam pembelajaran PAUD menuntut pendidik harus mempunyai\r\ndaya kreatifitas dalam menerapkan pendekatan multiple intelligences. Di TK Tunas\r\nHarapan pembelajaran pendidikan anak usia dini dilakukan dengan cara\r\nmengintegrasikan dalam materi pembelajaran yang disusun dalam kurikulum\r\ndengan pendekatan multiple intelligences sangat bervariasi. Pendidik menggunakan\r\nmetode yang bervariasi. Metode pembelajaran dilakukan dengan kegiatan bermain,\r\nmetode sosiodrama pada kelas interpesonal, sehingga dalam menyampaikan materi\r\nanak langsung menjadi subyek (yang melakukan), baik itu melalui sosiodrama dan\r\npraktek-praktek lainnya sesuai dengan kecerdasan anak, metode bercakap-cakap,\r\ndemonstrasi, pemberian tugas, tanya jawab, diskusi, keteladanan dan metode\r\nlainnya dalam menyampaikan pembelajaran berbasis multiple intelligensi kepada\r\nanak. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan\r\nberdampak positif bagi masa depan anak.\r\nKedua, Sistem penilaian dilakukan untuk anak usia dini tidak menggunakan\r\nangka, tetapi berbentuk narasi atau uraian kalimat, Sedangkan tehnik pelaksanaan\r\nevaluasi dilakukan pada saat kegiatan proses pembelajaran berlangsung dengan\r\nbeberapacara, antara lain berdampingan, main bersama dan main bekerja\r\nsama. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan\r\nberdampak positif bagi masa depan anak.\r\nKata Kunci : Pembelajaran Anak Usia Dini, Multiple Intelligences"^^ . "2016-07-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420431014"^^ . "WURYANI TRI ASTUTI"^^ . "NIM: 1420431014 WURYANI TRI ASTUTI"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Text)"^^ . . . . . "1420431014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Text)"^^ . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE\r\nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22670 \n\nPEMBELAJARAN ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIPLE \nINTELLIGENCES (Studi Kasus di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .