eprintid: 22674 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/26/74 datestamp: 2016-11-24 01:16:32 lastmod: 2016-11-24 01:16:32 status_changed: 2016-11-24 01:16:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD NAUFEL, NIM. 11540037 title: KONSTRUKSI IDENTITAS ETNIS DAN AGAMA DALAM BUDAYA POP (STUDI KASUS POPULARITAS IRWAN SUMENEP DALAM D’ACADEMY 2 INDOSIAR) ispublished: pub subjects: SA divisions: jur_soa full_text_status: restricted keywords: Budaya Pop, Irwan Krisdianto, Identitas etnik, Agama, Modal, Kekerasan simbolik note: r. Moh. Soehadha, S.Sos. M.Hum abstract: Budaya pop, bukanlah entitas yang baru dalam kehidupan masyarakat Madura. Hanya saja, saat Irwan Krisdianto tampil di D’Academy 2 Indosiar, budaya populer dengan segala macam implikasinya merasuk secara kolosal dalam diri masyarakat Madura. Sehingga, "tangan-tangan" kapitalisme mencengkram mereka melalui industri media. Pada titik inilah, media memainkan kuasanya dalam mengkonstruksi identitas etnik dan agama masyarakat Madura, sehingga hal tersebut menjadi fokus kajian dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, bersifat deskriptif-analitis, dengan menggunakan wawancara, observasi langsung, pengalaman individual dan analisis data sebagai tekhnik pengumpulan data. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori "modal" yang dicetuskan oleh Pierre Bourdieu. Bourdieu membagi modal menjadi empat, yaitu modal budaya, modal ekonomi, modal sosial dan modal simbolik. Salah satu contoh modal simbolik ialah popularitas. Teori ini mempunyai relevansi untuk mengetahui asal-usul yang membentuk popularitas Irwan Krisdianto. Sehingga, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika Irwan Krisdianto sebagai representasi masyarakat Madura dalam budaya pop, identitas etnik dan agama dilegitimasi sebagai modal yang menunjang popularitas Irwan Krisdianto. Padahal, di balik hal tersebut, secara tersirat masyarakat Madura pendukung Irwan Krisdianto, sebenarnya menjadi objek dari kekerasan simbolik. Namun, karena budaya pop menawarkan kepuasan-kepuasan sesaat, maka hal tersebut tidak dirasakan sebagai suatu kekerasan. date: 2016-08-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AHMAD NAUFEL, NIM. 11540037 (2016) KONSTRUKSI IDENTITAS ETNIS DAN AGAMA DALAM BUDAYA POP (STUDI KASUS POPULARITAS IRWAN SUMENEP DALAM D’ACADEMY 2 INDOSIAR). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22674/2/11540037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22674/1/11540037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf