<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkapkan pola\r\npengembangan kualitas proses pembelajaran agama Islam di MAN\r\nYogyakarta III ditinjau dari perspektif pembelajaran holistik; (2)\r\nmengungkapkan hasil belajar agama Islam peserta didik MAN\r\nYogyakarta III; (3) mengungkapkan faktor-faktor yang mendukung\r\ndan menghambat pengembangan kualitas proses pembelajaran agama\r\nIslam di MAN Yogyakarta III; dan (4) mengembangan produk, yaitu\r\nmerumuskan pola alternatif pembelajaran agama Islam yang efektif\r\ndi madrasah berbasis pembelajaran holistik.\r\nPenelitian ini secara garis besar dilaksanakan dalam dua tahap,\r\nyaitu tahap eksplorasi dan tahap pengembangan produk. Pada tahap\r\neksplorasi, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan\r\nprosedur dan teknik sebagai berikut: (1) narasumber ditentukan\r\nsecara purposive dan snowball; (2) teknik pengumpulan data\r\nmenggunakan observasi, in-depth interview, dan dokumentasi; (3) uji\r\nkeabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,\r\nketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan\r\nreferensial, kajian kasus negatif dan member check; (4) analisis data\r\nmenggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pada\r\ntahap pengembangan produk, penelitian dilakukan dalam bentuk\r\nperumusan pola alternatif pembelajaran agama Islam yang efektif di\r\nmadrasah berdasarkan sintesis antara temuan lapangan, teori\r\npembelajaran holistik, dan masukan para ahli.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan\r\nkualitas proses pembelajaran agama Islam di MAN Yogyakarta III\r\nyang diimplementasikan dalam kesatuan program pembelajaran\r\nintrakurikuler, ekstrakurikuler, dan hidden curricular secara umum\r\ntelah mengarah kepada pola pembelajaran holistik. Dikatakan\r\ndemikian karena dalam penerapan kesatuan tiga program\r\npembelajaran tersebut ditemukan adanya penerapan tiga prinsip dasar\r\npembelajaran holistik yang meliputi connectedness, wholeness, dan\r\nbeing. Hanya saja, dalam pengembangan kualitas proses\r\npembelajaran agama Islam tersebut masih terdapat beberapa\r\nkelemahan. Pertama, secara konseptual, pengembangan lima level\r\npotensi peserta didik (personal, komunitas, sosial, planetari, dan\r\nkosmis) sebagaimana dicanangkan dalam pembelajaran holistik\r\nbelum terumuskan secara eksplisit dalam kurikulum maupun\r\nxii\r\ndalam perencanaan pembelajaran agama Islam. Rumusan yang ada\r\nhanya berkenaan dengan pengembangan enam dimensi potensi\r\npeserta didik (fisik, emosi, intelektual, sosial, estetika, dan\r\nspiritual). Kedua, proses pembelajaran agama Islam intrakurikuler\r\nmasih lebih dominan berorientasi pada teaching for the test dan\r\nkurang berorientasi pada teaching for the whole task. Ketiga,\r\nmateri pelajaran agama Islam intrakurikuler yang meliputi\r\nAkidah-Akhlak, al-Qur’an-Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan\r\nIslam masih merupakan materi pelajaran yang berdiri sendirisendiri\r\ndan belum terintegrasi sebagai satu kesatuan untuk dapat\r\nmemberikan kemampuan kepada peserta didik dalam melakukan\r\ntugas-tugas yang bersifat kompleks dan menyeluruh (whole task);\r\n(2) hasil belajar agama Islam yang tertuang dalam buku Laporan\r\nHasil Belajar Siswa (LHBS) menunjukkan bahwa para peserta didik\r\ntelah mencapai nilai di atas standar kelulusan minimal. Sedangkan\r\nhasil belajar dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari di madrasah\r\nyang berhasil peneliti gali menunjukkan bahwa para peserta didik\r\ntelah mampu menampilkan sikap dan perilaku yang religius; (3)\r\nterdapat 11 faktor dominan yang mendukung pengembangan kualitas\r\nproses pembelajaran agama Islam dan empat faktor dominan yang\r\nmenghambat; (4) penelitian ini telah menghasilkan rumusan prototipe\r\npola alternatif pembelajaran agama Islam yang efektif di madrasah.\r\nPrototipe ini peneliti sebut dengan al-Namṭu al-Syumūlī li Ta’līmi al-\r\nDīni al-Islāmī atau disebut juga dengan Pola Holistik Pembelajaran\r\nAgama Islam yang disingkat menjadi PHPAI.\r\nDari beberapa hal yang menjadi kesimpulan, penelitian ini\r\nmemberi kontribusi dalam dua hal, yaitu: Pertama, penelitian ini\r\ntelah mampu memetakan karakteristik pola pengembangan kualitas\r\nproses pembelajaran agama Islam di madrasah ditinjau dari\r\nperspektif pembelajaran holistik, hasil belajar agama Islam peserta\r\ndidik di madrasah, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat\r\npengembangan kualitas porses pembelajaran agama Islam di\r\nmadrasah. Kedua, penelitian ini telah mampu menghasilkan pola\r\naternatif pembelajaran agama Islam di madrasah berbasis\r\npembelajaran holistik yang peneliti sebut dengan Pola Holistik\r\nPembelajaran Agama Islam (PHPAI). Pola ini dapat digunakan\r\nsebagai salah satu acuan untuk meningkatkan efektifitas\r\npembelajaran agama Islam di lembaga-lembaga pendidikan,\r\nkhususnya di Madrasah Aliyah."^^ . "2016-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 003005/S3"^^ . "ZAINAL ARIFIN AHMAD"^^ . "NIM. 003005/S3 ZAINAL ARIFIN AHMAD"^^ . . . . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Text)"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Text)"^^ . . . "BAB I, VII, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . . "POLA PENGEMBANGAN KUALITAS\r\nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM\r\nDI MAN YOGYAKARTA III (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22684 \n\nPOLA PENGEMBANGAN KUALITAS \nPROSES PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM \nDI MAN YOGYAKARTA III\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . . . "Ilmu Agama Islam" . .