<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT)"^^ . "Daniel W. Brown adalah tokoh outsider yang mempunyai kepedulian\r\nterhadap pemikiran Islam, khususnya tentang sunah. Daniel W. Brown\r\nmemberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan pemikiran sunah.\r\nFokus penelitian Brown adalah tentang perkembangan para pemikir\r\nMuslim modern dalam memahami sunah Nabi. Obyek persoalan yang dikaji\r\nsangat beragam, mulai dari persoalan otentisitas sunah Nabi, pemikiran kritik\r\nhadis dari segi sanad dan matan, sampai kepada soal memahaminya.\r\nMenurut Brown, masalah sunah bukan sekedar permasalahan di seputar\r\nkualifikasi sebuah hadis dilihat dari sanad, rawi dan matannya sebagaimana\r\ndalam pembahasan ilmu Mustalah Hadis, melainkan menyangkut klaim atas\r\notoritas keagamaan yang menyatu dengan berbagai kepentingan yang menyertai\r\nkelompok-kelompok dalam masyarakat muslim, terutama Ulama Hadis\r\n(tradisional) dengan Ulama Fikih yang dalam batas-batas tertentu disebut Ulama\r\nmodern.\r\nUntuk itulah pemikiran Daniel W. Brown layak untuk dikaji karena ada\r\nsignifikansinya dengan perkembangan pemikiran hadis, karena hasil\r\npenelitiannya sangat serius dan memenuhi persyaratan untuk dibahas secara\r\nmetodologis, meliputi fokus masalah, pendekatan, teori, metodologi dan hasil\r\npenelitian.\r\nPenelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan\r\nmenggunakan metode diskriptif-analisis, dan pendekatan hermeneutik. Dengan\r\nmetode ini dimaksudkan, bahwa point-point dari pemikiran Brown diuraikan\r\nsecara lengkap dan ketat, baik yang terdapat dalam sumber primer maupun\r\nsekunder. Sehingga pemikiran Daniel W. Brown dapat dielaborasi secara\r\nmenyeluruh.\r\nSedangkan pendekatan hermeneutik di sini adalah digunakan untuk\r\nmencari kejelasan (klarifikasi) mengenai konsep-konsep atau teori-teori yang\r\ntidak jelas, kabur dan kontradiktif. Dengan demikian, dari hasil pendekatan ini,\r\nakan menjadi sebuah refleksi mengenai metode kritik hadis, baik sanad maupun\r\nmatan menurut Daniel W. Brown menjadi konsep baku studi kritik hadis yang\r\ndapat dimengerti dan lebih berarti pada masa sekarang.\r\nArgumentasi Daniel W. Brown tentang pemikiran sunah adalah, bahwa\r\nkontroversi seputar sunnah sudah terjadi sejak masa pembentukan hukum Islam.\r\nKontroversi tersebut sudah menjadi konsekwensi logis terhadap perkembangan\r\ndan kemajuan zaman. Berbicara tentang sunnah adalah berbicara tentang sejarah.\r\nOleh karena itu maka para pemerhati hadis harus merekonstruksi kembali sunah\r\nmulai pada masa Pra Islam, muslim awal, klasik sampai pada masa modern saat\r\nini.\r\nSebagai kontribusinya dalam kajian hadis, Daniel W. Brown menegaskan\r\nbahwa pemikirannya tentang sunah adalah merupakan tindak lanjut dari\r\npemikiran Fazlur Rahman. Seperti halnya Rahman, Brown melakukan dikotomi\r\nantara sunah dengan hadis. Lebih jauh Brown mampu menunjukkan konsep sunah\r\nyang dibaginya menjadi empat fase: Pertama, sunah menurut gagasan pra Islam,\r\nyang dalam penggunaan klasiknya sunah hampir pasti disandarkan kepada Nabi\r\nMuhammad, hal itu dikarenakan kehadiran Nabi sendiri di tengah-tengah ummat\r\npada waktu itu, sebagai pembawa sumber hukum kedua setelah Alquran.\r\nSehingga pada periode klasik ini hampir tidak ada sunah yang disandarkan selain\r\nkepada nabi Muhammad Saw. Kedua, sunnah menurut definisi Muslim awal.\r\nOrang-orang Muslim awal, tidak memposisikan sunah Nabi lebih tinggi dari pada\r\nsunah orang-orang Muslim yang lainnya, terutama sunah para khalifah yang\r\npertama beserta para sahabat-sahabatnya. Akibatnya, oarng-orang Muslim awal\r\ntidak membuat perbedaan yang kaku antara berbagai sumber kewengan\r\nkeagamaan, terutama antara sunah nabi dengan Alquran yang dilukiskan dengan\r\nbegitu seksama oleh para pakar terkemudian. Ketiga, masa klasik mengenai\r\nsunah memasukkan tiga elemen yang penting. Dalam buku pegangan hukum\r\nIslam klasik, istilah sunah menunjuk kepada contoh autoritatif yang diberikan\r\noleh Nabi Muhammad saw. dan yang dicatat dalam tradisi (hadis, akhbar)\r\nmengenai perkataannya, tindakannya, persetujuannya atas perkataan atau\r\nperbuatan orang lain, serta karakteristik (sifat) kepribadiannya. Keempat, era\r\nmodern, muncul pola kategorisasi diri Nabi yang dibuat sebagai upaya untuk\r\nmembatasi otoritas sunah Nabi. Tiga kategori tersebut ialah Muhammad sebagai\r\n(1) manusia, (2) Rasul, dan (3) paradigma.\r\nPenelitian Daniel W. Brown tentang hadis, berbeda dengan tokoh-tokoh\r\nyang lain yaitu, konperhensifitas Daniel W. Brown sebagai seorang sejarawan\r\ndalam menampilkan pemikiran-pemikiran tentang hadis dari banyak tokoh\r\npengkaji hadis, mulai dari masa klasik, tengah, modern dan bahkan sampai pada\r\npemikiran para orientalis.\r\nDaniel W. Brown membedakan antara pengertian sunah dengan hadis.\r\nSunah merupakan praktik aktual yang berkesinambungan—continuity—\r\nsementara hadis sudah mengalami perubahan—change—yang membatasi pada\r\nrefleksi atas verbalisasi sunah. Dalam teori sosial, sunah sebagai great tradition,\r\nyang merupakan wilayah alam pikiran, konsep, ide teori, keyakinan, gagasan\r\nsementara hadis sebagai little tradition, yang merupakan wilayah kehidupan\r\nkonkrit pada budaya dan penggal sejarah tertentu.\r\nTerkait dengan pemahaman hadis, menurut Daniel W. Brown, jika hadis\r\nsudah terbukti kesahihannya maka tidak mungkin hadis tersebut akan\r\nbertentangan dengan Alquran atau sains, maka apabila terjadi, dicari jalan\r\nkeluarnya untuk dita’wilkan. Tidak boleh semena-mena Alquran membatalkan\r\nhadis sahih.\r\nDaniel W.Brown juga berhasil mempetakan beberapa kecenderungan pada\r\nsaat mensikapi sunah untuk dikategorikan sebagai sunah autentik, yaitu antara\r\nahli Hadis dan ahli Fikih yang sampai saat ini kesan dikotomis tersebut masih\r\nterasa sangat kuat. Daniel W. Brown mengkritik ahli fikih yang inkonsisten,\r\nyang menggunakan kritik matan langsung, dan telah menggunakan Alquran\r\nsecara sepihak untuk menghakimi hadis sehingga dikategorikan sebagai hadis\r\npalsu."^^ . "2016-08-19" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 033363"^^ . "M GUFRON, MAG"^^ . "NIM. 033363 M GUFRON, MAG"^^ . . . . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Text)"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . . "KONTRIBUSI DANIEL W. BROWN\r\nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER\r\n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #22685 \n\nKONTRIBUSI DANIEL W. BROWN \nDALAM KAJIAN HADIS KONTEMPORER \n(TELAAH ATAS BUKU RETHINKING TRADITION IN MODERN ISLAMIC THOUGHT)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Agama Islam" . .