%A NIM : 1320420046 Suharyanto %O Dr. Sabarudin, M.Si %T MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, IPA KELAS IV,V, DAN VI DI MI AL IHSAN MEDARI, SLEMAN %X Penelitian ini menjelaskan Pelaksanaan Manjemen Kepala MI Al Ihsan,Medari,Sleman sebagai lembaga pendidikan swasta di bawah pembinaan Kementerian Agama Kabupaten Sleman. MI Al Ihsan merupakan MI swasta yang terletak di pedesaan, sarana dan prasarana masih kurang, latar belakang pendidikan gurunya 84% PAI, sehingga kurang sesuai dengan kebutuhan guru kelas di madrasah, namun jumlah siswanya cukup banyak, dan prestasi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang :1) Manjemen Kepala MI Al Ihsan, Medari,Sleman 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi manjemen kepala madrasah. 3). Dampak pelaksanaan manajemen kepala madrasah terhadap prestasi belajar. Lokasi penelitian di MI Al Ihsan, yang beralamat di Medari, Triharjo,Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan ( field researd ) dan subyek penelitian dalam tesis ini terdiri dari kepala madrasah, guru dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan triangulasi data, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan catatan lapangan, reduksi data, dan verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala madrasah dalam melaksanakan manajemen menggunakan berbagai tahap yaitu : perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan supervisi pada bidang kurikulum, sumberdaya manusia/ personalia, kesiswaan, keuangan dan sarana prasarana. Peningkatan prestasi belajar dilakukan dengan usaha meningkatkan kompetensi guru dengan mengirimkan ke diklat-diklat dan memberi kesempatan untuk studi lanjut, menempatkan guru kelas sesuai dengan kompetensinya, mengadakan kegiatan pendalaman materi untuk siswa, bedah SKL, Try Out, kegiatan ekstrakurikuler, motivasi siswa dan doa bersama yang diikuti komite, guru wali murid dan siswa. Hasil penelitian, menemukan bahwa prestasi akademik dan non akademik di MI Al Ihsan cukup bagus, dapat dilihat dari pencapaian hasil ujian dan kejuaraan yang pernah diraih. 2). Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam manajemen kepala madrasah mencakup; faktor pendukung dan faktor penghambat. Untuk mengatasi faktor –faktor tersebut kepala madrasah membentuk tim pengembang madrasah dan bekerjasama dengan komite, pemerintah, masyarakat/ orang tua siswa, meningkatkan kompetensi guru melalui diklat dan studi lanjut, serta memnanfaatkan sarana yang ada seoptimal mungkin dan pengadaan sarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran 3). Dampak dari manajemen yang dilaksanakan kepala madrasah, dapat menjaga kedisiplinan yang cukup tinggi, pembelajaran yang efektif dan efisien serta prestasi belajar meningkat, terutama mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Nilai ujian ketiga mata pelajaran tersebut tiga tahun mulai tahun 2011/2012 sampai dengan 2013/2014 mengalami kenaikan dengan rata-rata jumlah ketiga mata pelajaran tersebut berturut-turut 22,61; 22,79; dan 23,89. Tingkat kelulusannya selalu 100%, dan lulusannya dapat melanjutkan di sekolah / madrasah negeri sesuai harapan. Kata Kunci : Manajemen, Prestasi Belajar %K Manajemen, Prestasi Belajar %D 2016 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib22692