<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi)"^^ . "Al-Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Muhammad SAW, yang\r\ndibaca dengan mutawatir dan beribadah dengan membacanya. Perkembangan\r\npembelajaran Al-Qur’an yang pada awalnya diperoleh dari pesantren lalu\r\ndikembangkan oleh KH. As’ad Humam dalam sebuah lembaga TKA/TPA dengan\r\nmencetuskan metode Iqro’ kini mulai diterapkan di sekolah formal. Kini telah muncul\r\nberbagai metode pembelajaran Al-Qur’an salah satunya adalah metode Ummi. Dalam\r\npenelitian ini akan dikomparasikan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an antara metode\r\nIqro’ dan metode Ummi. Di antara sekolah-sekolah yang telah melakukan\r\npembelajaran Al-Qur’an ada dua sekolah yang menjadikan pembelajaran Al-Qur’an\r\nsebagai program wajib ada di sekolah yaitu MIN Yogyakarta II dengan metode Iqro’\r\ndan SDIT Al-Khairaat dengan metode Ummi.\r\nBerdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field\r\nresearch) yang bersifat kombinasi kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis yang\r\ndigunakan adalah Concurrent Embedded Design dimana pada penelitian ini\r\nmelibatkan dua data yaitu data kualitatif dan kuantitatif dimana titik beratnya pada\r\ndata kualitatif. Penentuan subyek penelitian mengunakan teknik purposive sampling.\r\nDalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi,\r\ndokumentasi dan tes.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran Al-Qur’an\r\nmetode Iqro’ di MIN Yogyakarta telah berjalan efektif walaupun dalam hal-hal\r\ntertentu tidak mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh lembaga pencetus metode\r\nIqro’. Diantaranya dalam hal pengorganisasian materi dan pembelajaran tidak adanya\r\nkegiatan pembuka (doa pembuka) dan tidak adanya kegiatan klasikal. Dalam hal\r\nevaluasi, tidak adanya standar evaluasi yang baku dan tidak adanya monitoring dari\r\npencetus metode Iqro’ terhdap lembaga yang memakai iqro’. Walau demikian dalam\r\nhal komunikasi, penguasaan materi, sikap positif, pendekatan pembelajaran, dan hasil\r\npembelajaran dapat berjalan dengan baik Kedua, Pembelajaran Al-Qur’an metode\r\nUmmi di SDIT Al-Khairaat yang telah menjalankan pembelajaran sesuai dengan yang\r\nditetapkan oleh Ummi Foundation. Proses pembelajaran Al-Qur’an metode Ummi\r\ntelah berjalan sangat baik/sangat efektif. Dalam segi pengorganisasian materi dan\r\npembelajaran, sikap positif, komunikasi, penguasaan materi, antusiasme siswa,\r\npendekatan pembelajaran dan teknik evaluasi dapat berjalan dengan sangat baik.\r\nKetiga, Proses pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Khairaat lebih berjalan dengan\r\nefektif daripada di MIN Yogyakarta II. Keempat, Hasil pembelajaran Al-Qur’an\r\nMetode Iqro’ di MIN Yogyakarta II sama baiknya atau sama efektifnya dengan hasil\r\npembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Al-Khairaat Yogyakarta.\r\nKata kunci: Efektivitas, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Iqro’ dan Metode Ummi"^^ . "2016-06-23" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM : 1420420011"^^ . "SIGIT PURWAKA"^^ . "NIM : 1420420011 SIGIT PURWAKA"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Text)"^^ . . . . . "1420420011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Text)"^^ . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22694 \n\nEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II DAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-KHAIRAAT YOGYAKARTA (Studi Komparasi Metode Iqro’ dan Metode Ummi)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .