<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD"^^ . "Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis\r\ninkuiri terbimbing yang valid untuk meningkatkan keterampilan proses dasar sains\r\ndasar sains peserta didik kelas IV MI/SD.\r\nPenelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan,\r\nmenggunakan model Borg and Gall. Instrumen penilaian berupa lembar angket,\r\nlembar observasi dan butir soal. Instrumen angket digunakan untuk menilai validitas\r\nmodul yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli pembelajaran IPA\r\ndan inkuiri terbimbing. Selain itu, angket juga disebarkan kepada 25 siswa kelas IV\r\nMIN Kebonagung untuk mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran IPA\r\nberbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Sedangkan instrumen lembar\r\nobservasi digunakan untuk memvalidasi keterampilan proses dasar sains dan butir soal\r\ndigunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian hasil belajar siswa sebelum dan\r\nsesudah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang\r\ndikembangkan. Validasi modul dilakukan dengan cara merubah data kualitatif\r\nmenjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis secara keseluruhan dan peraspek,\r\nperolehan skor hasil perhitungan tersebut dikonversikan menjadi nilai kelayakan\r\nproduk. Sedangkan validasi keterampilan proses dasar sains dianalisis dengan uji\r\nstatistik menggunakan SPSS 18.0 dengan uji paired sample t-test.\r\nValidasi modul ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan respon\r\nsiswa. Adapun hasil perhitungan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing\r\nyang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan\r\nskor 132 dan tingkat persentase keidealan 90,20%. Penilaian ahli media sangat baik\r\n(SB) dengan skor 107 dan tingkat persentase ideal 93,71%. Penilaian ahli bahasa\r\nsangat baik (SB) dengan skor 21 dan tingkat persentase 82,5%. Penilaian ahli\r\npembelajaran IPA dan inkuiri terbimbing sangat baik (SB) dengan skor 69 dan\r\ntingkat persentase keidealan 84,07%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang\r\ndikembangkan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 94,21%.\r\nSedangkan validasi keterampilan proses dasar sains ditentukan berdasarkan hasil uji\r\npaired sample t-test. Berdasarkan hasil uji tersebut, pada uji coba pertama diperoleh\r\nthitung 0,131 dan ttabel 2,064. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan thitungttabel, sehingga dapat\r\ndisimpulkan bahwa pada uji coba kedua menunjukkan adanya peningkatan\r\nketerampilan proses dasar sains yang signifikan sesudah menggunakan modul\r\npembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing.\r\nKata kunci: modul, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, keterampilan proses dasar\r\nsains."^^ . "2016-07-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420420028"^^ . "Erma Yulita"^^ . "NIM: 1420420028 Erma Yulita"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Text)"^^ . . . . . "1420420028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Text)"^^ . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA\r\nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22700 \n\nPENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA \nBERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN PROSES DASAR SAINS PESERTA DIDIK KELAS IV MI/SD\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .