TY - THES N1 - Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd ID - digilib22704 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22704/ A1 - NUR AFIFAH, NIM. 1420421005 Y1 - 2016/07/11/ N2 - Kepala madrasah merupakan sosok yang menjadi panutan dan mempunyai peran penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Kepala madrasah harus menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik agar dapat mencapai visi misi madrasah, terutama dalam hal membina kompetensi guru. Kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional merupakan dua hal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru dituntut untuk dapat meningkatkan kompetensi yang dimilikinya secara konsisten. Kompetensi yang harus dimiliki guru akan dapat ditingkatkan sesuai dengan potensi yang ada dalam dirinya, tentu semua itu tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan kepala madrasah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana kompetensi kepribadian dan profesional guru di MIN Yogyakarta I, (2) Apa sajakah upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan profesional guru di MIN Yogyakarta I, (3) Adakah faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala madrasah dalam dalam meningkatkan kompetensi kepribadian dan profesional guru di MIN Yogyakarta I. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah memiliki kompetensi kepribadian dan profesional. Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian adalah pemberian teladan, program salaman dan briefing, program keagamaan, dan program Bimbingan Mental. Adapun Upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam meniningkatkan kompetensi profesional adalah Mendorong guru melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dan mengikuti diklat, menyelenggarakan workshop, melakukan supervisi, pengaturan suasana kerja yang kondusif, dan mengadakan les privat dengan memberdayakan tenaga guru. Faktor pendukung adalah sarana dan prasarana yang memadai, informasi yang selalu update, solidaritas guru, dan strategi yang bagus. Sedangkan faktor penghambat adalah faktor usia, kemampuan guru yang berbeda, dan tugas keluar madrasah. Kata kunci: upaya, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional. PB - UIN Sunan Kalijaga KW - upaya KW - kompetensi kepribadian KW - kompetensi profesional. M1 - masters TI - UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN PROFESIONAL GURU DI MIN YOGYAKARTA I AV - restricted EP - 239 ER -