%A NIM: 1420421029 Ema Safinatun Naja %O Dr. Eva Latipah, M.Si %T PENGARUH INTERAKSI SOSIAL DAN PERKEMBANGAN BAHASA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN WONOBOYO KABUPATEN TEMANGGUNG %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah melihat teori dari Jean Piaget dan Lev Vygotsky yang menyatakan bahwa perkembangan kognitif siswa dipengaruhi oleh interaksi sosial dan perkembangan bahasa siswa. Namun melihat fakta yang terjadi di kelas IV salah satu madrasah ibtidaiyah Kecamatan Wonoboyo, bahwa siswa yang mempunyai interaksi sosial tinggi dengan temantemannya ternyata hasil kognitifnya lebih rendah dibanding siswa yang interaksi sosialnya lebih rendah. Begitu juga dengan perkembangan bahasa, siswa yang mempunyai perkembangan bahasa rata-rata mempunyai nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang perkembangan bahasanya baik. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh tentang hal tersebut mengingat pentingnya perkembangan kognitif bagi para siswa untuk mengembangkan afektif dan psikomotorik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial dan perkembangan bahasa terhadap Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Wonoboyo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang mempunyai nilai terendah dan tertinggi di tiga madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Wonoboyo. Tahapan penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengolahan data dan tahap pembahasan. Data diperoleh dari lembar observasi hasil wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut adalah: 1) Perkembangan kognitif siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Wonoboyo sudah berkembang dengan baik. Hal itu terlihat dari rata-rata nilai kelasnya yang sudah mencapai 70 keatas di tiga madrasah yang menjadi objek penelitian. Dari ketiga madrasah nilai tertinggi yaitu 85 dan terendah 65. 2) Interaksi sosial mempunyai pengaruh yang penting dalam perkembangan kognitif siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Wonoboyo. Pengaruh tersebut sangat jelas digambarkan ketika siswa berinteraksi di dalam keluarganya. Semakin baik interaksi sosial yang dilakukan antara orang tua terhadap anak maka akan semakin baik perkembangan kognitifnya. Sedangkan interaksi siswa dengan teman sebaya dan anggota di sekolah tidak terlalu berpengaruh terhadap perkembangan kognitif siswa. 3) perkembangan bahasa mempunyai pengaruh dalam mengembangkan perkembangan kognitif siswa. Siswa yang mempunyai nilai tinggi maka sebagian besar aspek bahasa dapat berkembang secara baik. Sedangkan siswa yang mempunyai nilai rendah pada beberapa aspek bahasa kurang baik dalam perkembangannya. Kata kunci : Interaksi Sosial, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Kognitif %K Interaksi Sosial, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Kognitif %D 2016 %I UIN Sunan Kalijaga %L digilib22710