@phdthesis{digilib2274, month = {May}, title = {HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SHARAF SISWA KELAS VII MTs ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 04420895 ABDULLAH SAPII}, year = {2009}, note = {Dr. Abdul Munif, M.Ag}, keywords = {Lembar Kerja Siswa, Kemandirian, Belajar, Sharaf, Prestasi,}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2274/}, abstract = {Penelitian ini dilatar belakangi adanya kenyataan bahwa banyaknya kegiatan pembelajaran yang ada di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, dalam usaha meningkatkan mutu dan frekuensi mata pelajaran, tampak sangat menyita waktu untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mengatasi keadaan tersebut guru perlu menerapkan model pembelajaran yang menitik beratkan pada keaktifan siswa. Salah satu usaha yang dilakukan yaitu dengan penggunaan lembar kerja siswa (LKS) sebagai media pembelajaran dengan harapan bisa merangsang siswa untuk belajar lebih optimal sehingga prestasi belajar Sharafnya bisa meningkat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi yang mencoba melihat hubungan antara penggunaan lembar kerja siswa (LKS) (X1) dan kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belajar sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus product moment dan regresi ganda. Teknik pengumpulan data menggunakan test, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber datanya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Sharaf dan siswa-siswi kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) antara penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, yaitu sebesar 0,838 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5\% yaitu sebesar 0,325. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta diterima. Besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, yaitu sebesar 0,731 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5\% yaitu sebesar 0,325. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta diterima. Besarnya koefisien korelasi hitung (r observasi) antara penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta, yaitu sebesar 0,864 lebih besar dari harga r tabel pada taraf signifikansi 5\% yaitu sebesar 0,325. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa terdapat korelasi yang cukup signifikan antara penggunaan lembar kerja siswa (LKS) dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar Sharaf siswa kelas VII MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakarta diterima.} }