TY - THES N1 - Drs. H. Sedya Santoso, SS., M. Pd. ID - digilib22760 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22760/ A1 - FESTY UMU HIKMATIN, NIM. 12480068 Y1 - 2016/08/11/ N2 - Festy Umu Hikmatin. Peran Guru dalam Melestarikan Tembang Dolanan pada Pembelajaran Bahasa Jawa di Kelas VA MIN Wonosari. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Era globalisasi mengakibatkan mudahnya akses informasi. Budaya asing yang masuk memberikan dampak positif maupun negatif. Salah satu cara mengatasi dampak negatif adalah melalui kesenian tradisional. Tembang dolanan merupakan salah satu kesenian tradisional sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait peran guru dalam melestarikan tembang dolanan pada pembelajaran Bahasa Jawa di kelas VA dan kendala yang dihadapi guru dalam melestarikan tembang dolanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru kelas VA, dan siswa MIN Wonosari kelas VA. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu membandingkan hasil wawancara dengan observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu peran guru dalam melestarikan tembang dolanan di kelas VA adalah melalui kegiatan apersepsi. Kendala yang dihadapi guru dalam meletarikan tembang dolanan diantaranya 1) latar belakang pendidikan guru yang tidak sesuai, 2) kurangnya alokasi waktu, 3) kurangnya minat siswa dalam menyanyikan tembang dolanan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru KW - Melestarikan KW - Tembang Dolanan M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM MELESTARIKAN TEMBANG DOLANAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI KELAS VA MIN WONOSARI AV - restricted EP - 146 ER -