<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode-metode yang digunakan\r\ndalam pembelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil kelas Alfiyyah II Pondok Pesantren\r\nSalaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta serta pelaksanaannya dan untuk mengetahui\r\nrelevansinya dengan prinsip-prinsip teori belajar humanistik. Dengan penelitian\r\nini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi dari penerapan metode pembelajaran\r\nkitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II dan memberi masukan kepada para guru\r\nbahasa Arab umumnya dan khususnya kepada para guru bahasa Arab di Pondok\r\nPesantren Salaf Al-Luqmaniyyah Yogyakarta sendiri sebagai tempat penelitian\r\nuntuk menggunakan metode pembelajaran yang humanis.\r\nPenelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berusaha\r\nmenganalisis relevansi penerapan metode pembelajaran kitab Syarah Ibnu ‘Aqil\r\nkelas Alfiyyah II dengan menggunakan prinsip-prinsip tiga tokoh teori belajar\r\nhumanistik yaitu, Athur Combs, Abraham H. Maslow, dan Carl Ransom Rogers.\r\nAnalisis dilakukan dengan beberapa lagkah yaitu, menggali data mengenai\r\npenerapan metode pemebelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II,\r\nmereduksinya, mendeskripsikannya, menganalisnya menggunakan prinsip-prinsip\r\nteori belajar humanistik, kemudian menyimpulkannya.\r\nHasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam\r\npembelajaran kitab Syarh Ibn ‘Aqil di kelas Alfiyyah II adalah metode diskusi,\r\nceramah, dan hafalan bait-bait syair Alfiyyah Ibn Malik. Yang menjadi Metode\r\npokok dalam pembelajaran tersebut adalah metode diskusi. Sedangkan metode\r\nceramah dan hafalan berfungsi sebagai penguat dari metode diskusi. Secara umum\r\npenerapan metode pebelajaran tersebut relevan prinsip-prinsip teori belajar\r\nhumanistik. Pertama, prinsip menghargai peserta didik sebagai manusia yaitu,\r\npara santri dipercaya secara penuh dan bertanggung jawab atas jalannya kegiatan\r\npembelajaran. Para santri juga merasa nyaman dalam pembelajarannya karena\r\ntidak ada hukuman yang diterapkan oleh guru dalam pmbelajaran. Kedua,\r\nmementingkan pengalaman yaitu, tuntutan mempelajari kitab Syarh Ibn ‘Aqil\r\ndalam metode diskusi dan juga didukung adanya pembacaan kitab Syarh Ibn ‘Aqil\r\ndengan cara menerjemahkan kata perkata ke dalam bahasa Jawa serta penyebutan\r\nkedudukan kata dalam kalimat, memberi pengalaman dan memudahkan para\r\nsantri dalam menerapkan pemahaman nahwu dan sarafnya. Ketiga, dengan adanya\r\nmetode diskusi, para santri dapat ikutserta secara aktif dalam pembelajaran. Akan\r\ntetapi ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip teori belajar\r\nhumanistik yaitu, peran santri dalam pelaksanaan metode ceramah cenderung\r\npasif karena mereka hanya mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Selain\r\nitu, waktu pelaksanaan pembelajaran yang larut malam juga mengurangi keaktifan\r\nsantri dalam pembelajaran karena ada sebagian yang mengantuk"^^ . "2016-08-03" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.09420185"^^ . "EDI KURNIARAHMAN"^^ . "NIM.09420185 EDI KURNIARAHMAN"^^ . . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Text)"^^ . . . . . "09420185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Text)"^^ . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "METODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS\r\nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH\r\nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016\r\n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22816 \n\nMETODE PEMBELAJARAN KITAB SYARAH IBNU AQIL KELAS \nALFIYAH II PONDOK PESANTREN SALAF PUTRA-PUTRI ALLUQMANIYYAH \nYOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 \n(TINJAUAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .