%0 Thesis %9 Skripsi %A Annisa Azza}ro, 12420024 %B Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan %D 2016 %F digilib:22818 %I UIN Sunan Kalijaga %K Metode percakapan (hiwar), Keterampilan berbicara %P 187 %T Al tajrib tariqat al hiwar fi ta'lim maharat al kalam laday al talibat al saf al hadiy ashara bi ma'had ibn al Qayyim li al banat al sanah al dirasiyyah 105/2016 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22818/ %X Kemampuan berbahasa Arab yang telah diyakini sebagai syarat bagi setiap individu yang melakukan kajian keilmuan secara umum dan kajian Islam secara khusus, ternyata sampai saat ini bahasa Arab tampak tertinggal jauh di belakang, baik dari segi metode, interest pelajarnya, maupun dari substansi kajiannya. Hal tersebut berpengaruh terhadap berbicara bahasa Arab yang merupakan keterampilan berbahasa yang paling komunikatif karena kegiatan awal manusia berbahasa adalah bahasa lisan. Permasalahan inilah yang menginspirasi peneliti untuk mengadakan eksperimentasi metode percakapan (hiwar) dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang belajar menggunakan metode percakapan (hiwar) dan yang tidak menggunakan metode percakapan (hiwar) dalam keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentasi, dimana subjek penelitiannya adalah siswa MA kelas XI. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil dua kelompok homogeny sebagai sampelnya, yaitu kelas XI IPA sebagai kelompok control dan kelas XI IPS sebagai kelas eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang didasarkan pada hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 72,04 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,40 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil pembelajaran ketrampilan berbicara bahasa Arab antara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig. (2- tailed) 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanpada hasil pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Maka metode sosiodrama dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Kata kunci : Metode percakapan (hiwar), Keterampilan berbicara %Z Dr. Abdul Munip, M.Ag.