TY - THES N1 - Fajar Malik ID - digilib22823 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22823/ A1 - NUR RIFA?I AKHMAD 10420088, NIM. 10420088 Y1 - 2016/09/01/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruktion (TAI) dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara yang berjumlah 228 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah kelas VIIE sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol yang berjumlah 39 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (pretest dan postest). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis belajar siswa kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara pada mata pelajaran bahasa Arab mengalami peningkatan. Pada saat pretest pada kelas eksperimen jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 dari 38 siswa atau sebesar 15,78%, dengan nilai rata- rata 62,183684. Sedangkan pada kelas kontrol jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 dari 39 siswa atau sebesar 28,20%, dengan nilai rata-rata 65,855128. Setelah dilaksanakan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan dilaksanakan postest, pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yang signifikan sebesar 86,1410527 dengan siswa yang tuntas 36 dari 38 siswa atau sebesar 94,73% dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 100. Adapun Nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI diperoleh rata-rata sebesar 77,350513 dengan siswa yang tuntas 66,6% dengan nilai terendah 60 dan tertinggi 100. Adapun berdasarkan hasil uji ?t? diperoleh Tobservasi sebesar 2,3178 dan Ttabel sebesar 1,9921 pada taraf signifikan 5%. Karena Tobeservasi Ttabel, maka H0 ditolak atau terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar kelas eksperimen Dengan demikian, penerapan model pembelajarn kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran bahasa arab kelas VII MTs Negeri 1 Banjarnegara. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Studi Eksperimentasi KW - model pembelajaran pi M1 - skripsi TI - STUDI EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI 1 BANJARNEGARA AV - public ER -