TY - THES N1 - Muhammad Ja?far Shodiq, M.SI ID - digilib22825 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22825/ A1 - IHYAK NIZAR THOHARI, NIM.10421005 Y1 - 2016/08/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan teknik story telling dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada pembelajaran bahasa Arab antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol siswa kelas XI IPA MAN 2 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Experimental Research), yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Subjek dalam penelitian ini terdiri 56 siswa, yang terdiri dari kelas XI IPA I yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa dan kelas XI IPA III yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji ?t?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang menggunakan teknik story telling dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan teknik story telling terdapat pengaruh yang signifikan yang ditunjukkan adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 21,61, dari skor awal sebesar 53,71 meningkat menjadi 75,32. Sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 3,83, dari skor awal sebesar 54,67 meningkat menjadi 58,50. Dari segi Uji ?t? kemampuan ( Pre-test ) maupun (Post-test) mengalami peningkatan sebagai berikut kelas eksperimen 2,4146 sedagan kelas kontrol 0,975. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa teknik story telling merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk belajar bahasa Arab. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Teknik Story Telling KW - Keterampilan Menyimak KW - Pembelajaran Bahasa Arab. M1 - skripsi TI - PENERAPAN TEKNIK STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 2 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted EP - 155 ER -