<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO)"^^ . "Penelitian ini memfokuskan kajian pada pengambilan makna\r\nterdalam kisah nabi Nuh dalam al-Qur’an berdasarkan semiotika\r\nUmberto Eco. Munculnya penelitian ini dilatarbelakangi oleh\r\ndominasi ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung kisah untuk\r\nmemberikan doktrin persuasif pada pembaca. Kisah nabi Nuh dipilih\r\nkarena nabi Nuh merupakan orang pertama yang mendapat mandat\r\nluas atas penyimpangan yang terjadi di masyarakat. Kisah nabi Nuh\r\nmemiliki peristiwa yang membuat sibuk para peneliti dari berbagai\r\nbidang untuk mendapatkan kepastian rinci unsur-unsur intrinsik\r\nkisah. Melihat kefenomenalan kisah nabi Nuh, peneliti berusaha\r\nmasuk melalui kacamata semiotika untuk mendapatkan makna\r\nterdalam kisah setelah memerinci kemungkinan pasti unsur\r\nintrinsiknya. Atas dasar ini didapatkan rumusan masalah sebagai\r\nberikut: 1) apa saja argumentasi pemakaian semiotika dalam\r\nmemaknai al-Qur’an, 2) sejauh mana kelayakan semiotika Umberto\r\nEco pada kisah nabi Nuh, 3) apa saja unsur-unsur intrinsik\r\npembangun kisah nabi Nuh, 4) apa makna semiosis kisah nabi Nuh,\r\n5) apa saja implikasi pemaknaan semiosis kisah nabi Nuh.\r\nUntuk mendapatkan hasil penelitian yang maksimal, teori\r\nsemiotika Eco dipilih karena memiliki sifat eklektif komprehensif.\r\nSifat eklektif didapatkan dari pengambilan komponen unggul teori\r\npara tokoh semiotika, seperti: fungsi-tanda dan ekspresi dan isi\r\n(Hjelmslev), denotasi dan konotasi (Barthes), interpretasi (Peirce).\r\nKomponen teori ini terangkum dalam teori kode yang\r\nmengutamakan konvensi (Morris). Selain teori kode, Eco juga\r\nmemiliki teori produksi tanda untuk mempragmatisasi tanda dalam\r\nkehidupan. Salah satu komponennya adalah penilaian semiotis yang\r\ndipakai untuk melegitimasi proses pemaknaan semiosis. Kedua teori\r\nini dijalankan menggunakan metode analisis isi yang terdiri dari:\r\nlaten dan komunikasi. Caranya, mencari isi yang terkandung di\r\ndalam data, kemudian mencari pesan yang terkandung akibat\r\nperistiwa komunikasi.\r\nHasilnya adalah: 1) pada prinsipnya, semiotika telah digunakan\r\noleh linguis Arab Klasik untuk memaknai al-Qur’an melalui konsep\r\ndāl, madlūl, dan ma’nā ‘ala al-ma’nā, 2) semiotika Eco memiliki\r\nkekurangan dalam merelasikan tanda-tanda untuk mendapatkan\r\nmakna komprehensif, karena signifikasi hanya berkutat pada relasi\r\nelemen tanda, sedangkan kekurangan komunikasi terletak pada kesingkatan durasi saat menyalurkan pesan, 3) kisah nabi Nuh\r\ndibangun di atas relasi unsur-unsur kisah, seperti: alur maju yang\r\nsederhana untuk memudahkan pencarian pesan, sehingga didapatkan\r\nkejelasan tokoh dan perannya, meskipun secara latar tempat masih\r\nterdapat perdebatan, namun tetap didapatkan tema yaitu genosida\r\nTuhan terhadap makhlukNya yang membangkang, 4) secara\r\nkonotatif kisah nabi Nuh dapat dimaknai dengan keharmonisan dan\r\nkedinamisan agama monoteis, arti ini didapatkan melalui relasi\r\nulama dengan masyarakat abad 21 yang selalu mengajak kembali\r\nkepada agama atas cobaan yang ditimpa dengan mengingat Allah dan\r\nrasulNya, karena agama ini bersifat lentur sehingga dapat diandalkan\r\ndalam menghadapi berbagai situasi, 5) efek pemaknaannya adalah:\r\nbersikap harmonis terhadap sesama muslim, bersikap dinamis dalam\r\nmenghadapi perubahan, dan tidak menuhankan teks."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420510093"^^ . "Muhammad Alghiffary"^^ . "NIM. 1420510093 Muhammad Alghiffary"^^ . . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Text)"^^ . . . . . "1420510093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Text)"^^ . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "MAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN\r\n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22860 \n\nMAKNA SEMIOSIS KISAH NABI NUH DALAM AL-QUR’AN \n(KAJIAN SEMIOTIKA UMBERTO ECO)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .