<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer)"^^ . "Kritik epistem ologi tafsir lum rah dilakukan oleh pegiat tafsir, yang satu m engkritik\r\ndengan berpijak pada epistem ologi tafsir klasik, sedangkan sebagian m engkritik epistem ologi\r\ntafsir klasik dengan pijakan epistem ologi tafsir kontem porer. Hal m enarik dari kritik Jam al\r\nialah ketika dia m engkritik epistem ologi tafsir klasik, ia juga m engkritik epistem ologi tafsir\r\nkontem porer. Penulis tertarik, m ungkinkah ada yang baru dalam pijakan ilm u tafsir, karena\r\nm odel kritik seperti ini jarang penulis tem ukan.\r\nPenelitian ini adalah penelitian perpustakaan (liberary reseach) dengan m engkaji beragam\r\ndata terkait dengan tem a penelitian, baik yang bersal dari sum ber utam a ( prim ary sources)\r\nm aupun sum ber pendukung (secondary sources) dan kajiannya disajikan secara eksplanatorisanalisis.\r\nTeori yang m enjadi pijakan ialah epistem ologi tafsir. Dalam bahasan epistem ologi ada\r\ntiga hal; sum ber, m etode dan validitas. Persentuhan teori ini dengan epistem ologi tafsir pernah\r\ndilakukan oleh Abdul M ustaqim dalam beberapa bukunya, dan saya gunakan untuk m enganalisa\r\nkritik Jam al. Data-data yang m enyangkut pem ikiran kritik epistem ologi tafsir kontem porer\r\nditelusuri dari tulisan Jam al al-Banna sendiri sebagai sum ber utam a (prim arys ources) atau\r\nobjek m atrial, yaitu kitab Tafsi>r al-Qur’a>n Baina al-Qudam a>’ wa al-M uhaddis|i>n.\r\nHasil penelitian m enunjukkan, kritik Jam al terhadap epistem ologi tafsir kontem porer\r\nlebih banyak tertuju pada m etode yang dibangun oleh m ufasir kontem porer tersebut. Nam un\r\nsebelum itu Jam al juga m engkritik secara general para m ufassir klasik, seperti yang disim pulkan\r\nJam al, bahwa karya m ufassir klasik cenderung pada tiga aspek yang m enurut Jam al tidak\r\nm enggam barkan tafsir yang ideal. Tiga aspek tersebut ialah, Pertam a: Orientasi bahasa (allughawiyyu>\r\nn), Kedua: Orientasi sektarian (al-m adzhabiyyu>n), Ketiga: Orientasi riwayat (alikhba>\r\nriyyu>n). Sedangkan kritiknya terhadap m ufassir kontem porer dari tiga prinsip\r\nepistem ologi tafsir, kritik Jam al lebih terfokus pada m etodologi perorangan m ufassir. Ada\r\nem pat m ufassir kontem porer yang dikritik epistem ologinya oleh Jam al. Pertam a, kritik kepada\r\nAm in al-Khuli: Salah satu kritiknya terhadap pendekatan sastra yang digagas oleh Am in,\r\nm enurut Jam al sangat sulit diterapkan, karena m etode ini m em butuhkan penguasaan lim a\r\nprinsip yang cukup sulit saat ini dikuasai, bahkan Am in akan “teraniaya” oleh prinsip-prinsip\r\nyang diterapkan itu. Kedua: M uham m ad Syahrur, m enurut Jam al, kesetiaan Syahrur pada\r\nm etode linguistik dan indikasi kosa kata dan akarnya m enggiringnya pada penafsiran yang\r\nabai terhadap konteks al-Qur’an itu sendiri. Ketiga, Arkoun, sikap Arkoun yang\r\nm em perlakukan al-Qur’an sebagai teks turats, sebagaim ana dilakukan oleh para orientalis,\r\nm enurut Jam al, secara artifisial bisa dikatakan sebagai perlakuan orang yang tidak “berim an”\r\nbahwa al-Qur’an diturunkan oleh Allah. Keem pat, Nasr Ham id Abu Zaid, m enurut Jam al Nasr\r\nHam id tidak lagi beranggapan al-Qur’an yang ada sekarang sebagai teks suci yang berasal dari\r\nAllah, m elainkan telah terkem as dalam bahasa Arab yang notabene m erupakan instrum en\r\nbudaya. Selain itu, Pendekatan sastrawi yang dilakukan Nasr terhadap al-Qur’an tidak pas,\r\nkarena m enurut Jam al, al-Qur’an m em punyai sifat yang unik yang tidak dipunyai oleh kitabkitab\r\nselain al-Qur’an. Dan yang terakhir, Jam al m engkritik orientalis: m enurut Jam al, M ereka\r\nm enjadikan al-Qur’an layaknya teks sastra m urni, dan pada gilirannya, m ereka gagal m endekati\r\nal-Qur’an sekalipun dalam konteks sastra, karena dim ensi sastrawi al-Qur’an yang sangat\r\nkontras dengan teks-teks lainnya.\r\nDi akhir bukunya Jam al m em berikan penawaran penafsiran yang m enurut Jam al ideal.\r\nJam al selalu m endorong bagi generasi m ufassir untuk selalu berevolusi dengan al-Qur’an.\r\nKarena dia terisnpirasi dari hadis nabi “ berovolusilah dengan al-Qur’an” .“Revolusi al-Qur’an” m erupakan penghadiran kem bali m akna-m aknanya yang revolusioner yang m endam ba\r\nperubahan sebagaim ana digagas oleh Nabi. Tidak sebagaim ana um um nya, ia berinteraksi\r\ndengan al-Qur’an tanpa “senjata” apapun; bukan sebagai studi dan anti-m etodologi tertentu.\r\nAgenda utam anya ialah m em biarkan teks al-Qur’an berbicara sendiri sehingga m em unculkan\r\nsem angat revolusioner.\r\nKeyword: epistem ologi, kritik, m etode,tafsir."^^ . "2016-06-29" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM : 1420510108"^^ . "Saifuddin"^^ . "NIM : 1420510108 Saifuddin"^^ . . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Text)"^^ . . . . . "1420510108_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Text)"^^ . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22887 \n\nKRITIK EPISTEMOLOGI TAFSIR KONTEMPORER (Studi atas Kritik Jam al al-Banna terhadap Beberapa Pemikir al-Qur’an Kontemporer)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .