<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani)"^^ . "Judul tesis ini adalah Hadis-hadis Dalam Kitab Sahih al-Adab al-Mufrad\r\ndan Da’if al-Adab al-Mufrad: Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis|\r\nMuhammad Nasir ad-Din al-Albani. Adapun yang menjadi latar belakang\r\npenelitian tesis ini adalah bahwa hadis yang merupakan sumber normatif kedua\r\nsetelah Alquran, memiliki segudang persoalan, terutama persoalan autentisatas.\r\nAtas dasar itu, kajian mengenai autententisitas harus benar-benar dapat\r\ndipertanggung jawabkan, accountable dan meminimalisr sejumlah masalah\r\nhingga hadis-hadis tersebut dapat diterima dan diamalkan dalam kehidupan. Salah\r\nseorang ulama kontemporer yang mengkaji dan menguji kembali autentisitas\r\nhadis-hadis Nabi SAW. adalah Muhammad Nasir ad-Din al-Albani, ia dikenal\r\nsebagai salah seorang ulama hadis era kontemporer ini yang pakar dalam bidang\r\ntahqiq, selama hidupnya, ia telah men-tahqiq puluhan bahkan ratusan kitab hadis\r\ntermasuk al-Kutub al-Sittah yang telah diyakini akurasi dan validitasnya, dan\r\ntahqiq yang ia lakukan selalu berakhir pada klasifikasi antara yang sahih dan\r\nda’if. Salah satu dari ratusan kitab yang di-tahqiq oleh al-Albni adalah kitab al-\r\nAdab al-Mufrad karya Imam Bukhari. Dan ia mengklasifikasi kitab tersebut\r\nmenjadi kitab Sahih al-Adab al-Mufrad dan Da’if al-Adab al-Mufrad, hasil tahqiq\r\nal-Albani ini berbeda dengan komentar al-hafizh Ibn Hajr al-‘Asqalani yang\r\nnotabene pendapatnya digunakan oleh al-Albani untuk menilai keadaan para rawi.\r\nIbn Hajar al-‘Asqalani mengatakan bahwa hadis-hadis dalam kitab al-Adab al-\r\nMufrad karya Imam Bukhari tersebut, sebagian berkualitas sahih sesuai dengan\r\nsyarat Imam Bukhari, dan sebagian lagi tingkat ke-sahih-annya lebih kuat dari al-\r\nKutub as-Sittah tetapi tidak sampai pada tingkat sahih -nya Imam Muslim.\r\nPernyatan al-hafizh ini mengindikasikan bahwa semua hadis dalam kitab al-Adab\r\nal-Mufrad karya Imam Bukhari telah sampai kepada kualitas maqbul.\r\nBerdasarkan latar belakang di atas, penulis mengajukan tiga rumusan\r\nmasalah (1) mengapa Muhammad Nasir ad-Din al-Albani menulis kitab Sahih al-\r\nAdab al-Mufrad dan Da’if al-Adab al-Mufrad? (2) bagaimana konsep ke-sahih-an\r\ndan ke-da’if-an hadis Muhammad Nasir ad-Din al-Albani? Dan (3) Bagaimana\r\nkonsistensi terhadap aplikasi konsep ke-sahih-an dan ke-da’if-an hadis\r\nMuhammad Nasir ad-Din al-Albani? Untuk menjawab permasalahn ini, Penulis\r\nmelakukan pendekatan historis-kritis dan menggunakan Ilmu Mustalah al-Hadis\r\nsebagai kerangka teori.\r\nBerangkat dari pendekatan dan kerangka teori di atas, penelitian ini\r\nmenghasilkan kesimpulan (1) Tujuan al-Albani menulis kitab Sahih al-Adab al-\r\nMufrad dan Da’if al-Adab al-Mufrad adalah, selain utntuk bahan ajar, juga untuk\r\nmempermudah umat dalam menyampaikan dan mengamalkan hadis-hadis sahih\r\ndan meninggalkan hadis-hadis yang da’if, hal itu berangkat dari kegelisahan al-\r\nAlbani yang melihat fenomena para penulis buku dan para da’i yang\r\nmenyampaikan khutbahnya dengan menggunakan hadis-hadis Nabi SAW.\r\ntanpa—minimal menyebut—sumber hadis tersebut dari kitab aslinya, bahkan—\r\nmenurutnya—ada juga hadis dah’if dan maudu’ yang disajikan kepada para\r\npembaca dan pendengar.; (2) konsep tashih dan tad’if al-hadis yang digunakan\r\noleh al-Albani secara umum tidaklah berbeda dari konsep yang telah ada, hanya\r\npenekanannya saja yang berbeda.; (3) dalam menerapkan konsep tashih dan tad’if al-hadis pada kitab Sahih al-Adab al-Mufrad dan Da’if al-Adab al-Mufrad al-\r\nAbani terlihat kurang konsisten, terutama mengenai: (a) hadis majhul, Ia menolak\r\nsebanyak lima hadis dalam kitab Da’if al-Adab al-Mufrad karena ada rawi yang\r\nmajhul dan tidak ada yang men-s|iqah-kannya kecuali Ibn Hibban, namun pada\r\nkitab Sahih al-Adab al-Mufrad ia menenerima hadis yang diriwayatkan perawi\r\nmajhul meskipun hanya Ibn Hibban saja yang mn-s|iqah-kannya. (b) al-‘adalah\r\nas-sahabah, ia sepakat dengan jumhur ulama mengenai status as-sahabah\r\nkulluhum ‘udul, namun dalam kitab Da’if al-Adab al-Mufrad ia men-da’if-kan\r\ndua hadis dengan menilai dua orang sahabat yang menjadi rawi hadis tersbut\r\nsebagai rawi majhul. Dan (c) penerapan metode al-jarh wa at-ta’dil, ia\r\nmenggunakan metode al-jarh muqaddamun ‘ala at-ta’dil untuk men-da’if-kan\r\nhadis yang di dalam sanadnya terdapat Kas|ir bin Zaid yang mendapat penilaian\r\nyang berbeda dari ulama kritikus hadis (ada yang men-jarh dan ada yang menta’dil),\r\nnamun di hadis lain yang juga di dalam sanadnya terdapat Kas|ir bin Zaid\r\nia menggunakan metode yang berbeda yaitu at-ta’dil muqaddamun ‘ala al-jarh,\r\nsehingga sanad hadis tersebut ia hukumi hasan.\r\nKatakunci: konsistensi, Muhhammad Nasir ad-Din al-Albani, Tashih, Tad’if, Hadis, Sahih al-Adab al-Mufrad, Da’if al-Adab al-Mufrad"^^ . "2016-07-11" . . . . "UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . "Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga"^^ . . . . . . . . . "NIM: 1420510110"^^ . "Zulfikar"^^ . "NIM: 1420510110 Zulfikar"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Text)"^^ . . . . . "1420510110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Text)"^^ . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF\r\nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22891 \n\nHADIS-HADIS DALAM KITAB SAHIH AL-ADAB AL-MUFRAD DAN DA’IF \nAL-ADAB AL-MUFRAD (Studi Konsistensi Tashih dan Tad’if al-Hadis Muhammad Nasir ad-Din al- Albani)\n\n" . "text/html" . . . "Hadis" . .