%A NIM. 09690017 NURMALITA SARI %O Sintha Sih Dewanti, S. Pd.Si., M.Pd.Si, %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) keefektifan pendekatan kontekstual dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. 2) keefektifan pendekatan kontekstual dengan metode Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-posttest Control Group Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu metode NHT, variabel terikat yaitu hasil belajar dan motivasi belajar siswa, dan variabel kontrol yaitu materi, waktu pembelajaran, dan guru mata pelajaran.Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 204 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Terpilh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 16.0, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan pendekakatan kontekstual dengan metode NHT lebih efektif terhadap hasil belajar siswa daripada metode pembelajaran konvensional. 2) pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan metode NHT tidak lebih efektif terhadap motivasi belajar siswa daripada metode pembelajaran konvensional. %K Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Motivasi Belajar %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22892