%A NIM. 11220035 TSANIYA NUR KHOIRU ROHMAH %O Nailul Falah, S.Ag., M.Si. %T METODE PENGEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 BANAR, DEYANGAN, MERTOYUDAN, MAGELANG %X TSANIYA NUR KHOIRU ROHMAH, Metode Pengembangan Perilaku Sosial Anak RA Muslimat NU Deyangan 2 Banar, Deyangan, Mertoyudan, Magelang Prodi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah. Dalam upaya mengembangkan perilaku sosial, antara lain tolong menolong dan komunikasi. Seorang pengasuh yang professional akan berusaha mencari metode yang efektif dengan tujuan supaya anak didiknya terbentuk dengan akhlakul karimah. Seperti mempunyai sifat tolong menolong dan komunikasi yang baik. Subjek dalam penelitian ini adalah pembimbing atau guru-guru, anak-anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat NU Deyangan 2, adapun objek penelitiannya adalah metode layanan informasi yang diterapkan pembimbing dalam mengembangkan perilaku sosial anak. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, metode observasi, dan metode analisis data. Metode yang digunakan dalam mengembangkan perilaku sosial pada anak di RA Muslimat NU Deyangan 2 Banar, Deyangan, Mertoyudan, Magelang adalah: (1) metode keteladanan, (2) metode pembiasaan, (3) metode cerita, (4) metode praktek, (5) metode nasehat. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan bagi perkembangan keilmuan pada jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, termasuk layanan informasi untuk mengembangkan perilaku sosial pada anak RA Muslimat NU Deyangan 2 ini dapat dicontoh dan diambil nilai positifnya oleh pihak lain. %K perilaku sosial, anak taman kanak-kanak RA. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22898