TY - THES N1 - Drs. Abror Sodik, M.Si ID - digilib22906 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22906/ A1 - DIMANETY IDASARI, NIM. 12220075 Y1 - 2016/11/29/ N2 - Penelitian ini bertujuan menjawab rumusan masalah tahap-tahap pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan bagi sisswa SMP N 15 Yogyakarta. Melalui layanan penguasaan konten guru bimbingan konseling diharapakan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang asri, nyaman dan rindang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menyajikan data kualitatif deskriptif terkait tahap pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Subyek dalam penelitian ini adalah seorang guru BK, wakil kepala sekolah dan empat orang siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah tahap pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan bagi siswa SMP N 15 Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan bagi siswa SMP N 15 Yogyakarta terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, penilaian hasil, tindak lanjut dan laporan. Dalam tahap tindak lanjut yang dilaksanakan siswa ikut berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan dengan melaksanakan piket harian kelas, mengikuti kerja bakti, membuang sampah pada tempatnya, mengikuti lomba kebersihan kelas dan melakukan peghijauan di sekolah dengan membawa tanaman. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan Penguasaan Konten KW - Sekolah Berwawasan Lingkungan. M1 - skripsi TI - LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN BAGI SISWA SMP N 15 YOGYAKARTA AV - restricted EP - 128 ER -