<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25)"^^ . "Al-Qur'an menggunakan bahasa sebagai media merupakan ladang subur\r\nbagi kajian semiotika. Oleh karena itu, semiotika al-Qur'an dapat menjadi cabang\r\nbidang penerapan semiotika, karena di dalamnya terdapat tanda-tanda yang\r\nmemiliki arti. Semiotika al-Qur'an dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu\r\nsemiotika yang mengkaji tanda-tanda dalam al-Qur'an, di antaranya: kalimat, kata\r\natau huruf, dan totalitas struktur di dalamnya. Hal ini menunjukkan seluruh wujud\r\nal-Qur'an adalah serangkaian tanda-tanda yang memiliki arti. Penelitian ini\r\ndibatasi pada analisis hubungan tanda-tanda dalam kisah Nabi Yusuf, serta\r\nbagaimana tanda-tanda tersebut memunculkan makna baru.\r\nPenerapan dan pembacaan atas karya satra dengan menggunakan\r\nsemiotika, harus melalui dua buah tahapan, yakni pembacaaan heuristik dan\r\npembacaan hermeneutik atau retroaktif. Pembacaan heuristik merupakan sebuah\r\npembacaan yang berdasarkan struktur kebahasaan atau berdasarkan konvensi\r\nsistem semiotik tingkat pertama. Adapun pembacaan hermeneutik atau retroaktif\r\nmaksudnya adalah sebuah pembacaan ulang terhadap karya sastra berdasarkan\r\nkonvensi sastra atau sistem semiotik tingkat kedua. Dua tahapan pembacaan di\r\natas menghasilkan tingkatan makna yang berbeda.\r\nUngkapan wa rawadathu huwa fi baitiha ‘an nafsihi, wa gallaqat alabwa\r\nb wa qalat haita lak merupakan tanda yang mengeskpresikan dorongan\r\nbirahi seksual yang sangat tinggi dari dalam diri Imra’ah al-Aziz terhadap Yusuf.\r\npembacaan reotroaktif justru menampakan ada hal tersembunyi didalam upaya\r\nZalikha menundukkan Yusuf, yang sebenarnya bukanlah soal birahi seksual\r\nsemata akan tetapi juga adanya penyalahgunaan kekuasaan atau otoritas. Zalikha\r\nseolah baru merasa puas dan “berarti” ketika ia bisa dan berhasil merendahkan\r\natau menundukkan Yusuf secara seksual. Ada dinamika sangat khas dan jelas\r\nsekali dalam ayat ini, bahwa di sini Zalikha-lah yang mempunyai posisi lebih kuat\r\n(secara sosial) daripada Yusuf. Inilah makna dari tanda rawadathu an nafsihi.\r\nAdapun ghallaqat al-abwab (menutup pintu-pintu) bermakna istri Potifar sangat\r\nbirahi terhadap Yusuf, sehingga mendorongnya untuk berzina dengan dan supaya\r\naibnya tidak diketahui orang, semua pun ditutup rapat-rapat. Ungkapan haita lak\r\nsebagai sebuah emotional tone yakni sebagai nada emosi yang merujuk kepada\r\nberbagai perasaan yang dirasakan Zalikha baik dalam penetapan keputusannya\r\nmerayu dan menggoda Yusuf maupun dalam upaya mengimplementsikan\r\nkeputusan tersebut.\r\nPembacaan semiotik tidak hanya menganalisis tanda-tanda dan mencari\r\ntingkatan makna yang ada. Akan tetapi dengan kajian semiotika komunikasi,\r\ntanda-tanda tersebut juga merupakan sebuah media untuk berkomunikasi,\r\nsehingga pada akhirnya memunculkan pesan-pesan yang tersembunyi di\r\ndalamnya. Pesan-pesan tersebut adalah kesabaran, etika, dakwah dan sexul abuse.\r\nPesan-pesan inilah yang disampaikan melalui media kisah dalam QS.Yusuf ayat\r\n22-25."^^ . "2016-08-02" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PASCA SARJANA UIN SUNAN KALIJAGA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1220510036"^^ . "NUR EDI PRABHA SUSILA YAHYA"^^ . "NIM. 1220510036 NUR EDI PRABHA SUSILA YAHYA"^^ . . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Text)"^^ . . . . . "1220510036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Text)"^^ . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "SEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN\r\n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #22908 \n\nSEXUAL ABUSE DALAM AL-QUR’AN \n(ANALISIS SEMIOTIK TERHADAP QS. YUSUF AYAT 22-25)\n\n" . "text/html" . . . "Agama Dan Filsafat" . .