%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HAMID ASHOFA, NIM. 12220115 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2016 %F digilib:22911 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Penanganan Bullying, Pendekatan Konseling Kelompok %P 110 %T KONSELING KELOMPOK DALAM MENANGANI KASUS BULLYING PADA SISWA DI MTS MUHAMMADIYAH KARANGKAJEN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22911/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi dan bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk bullying yang terjadi di MTs Muhammadiyah Karangkajen serta pendekatan konseling kelompok yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Subjek dan objek dalam penelitian ini adalah guru BK serta siswa MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta yang melakukan bullying dan juga korban bullying. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dengan mengambil 5 orang menjadi subyek penelitian, yaitu 1 guru BK dan 4 siswa kelas VIII yang pernah terlibat kasus bullying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk bullying di MTs Muhammadiyah Karangkajen adalah bullying fisik dan bullying verbal. Bullying fisik meliputi memukul, melempar kertas, melempar barang-barang bekas. Sedangkan bullying verbal berupa menjuluki, mengganggu, menyoraki, berkata jorok. Adapun bentuk bullying di MTs Muhammadiyah Karangkajen termasuk dalam kategori kekerasan tingkat sedang dan ringan. Pendekatan konseling kelompok yang digunakan oleh guru bimbingan dan konseling di MTs Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta untuk menangani kasus bullying tersebut adalah konseling kelompok dengan pendekatan analisis transaksional serta konseling kelompok dengan pendekatan behavioral. %Z Drs. H. Muhammad Hafiun, M.Pd