TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S. Ag., M.A NIP. 197004032003121001 ID - digilib22912 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22912/ A1 - DESY ISTIANA RAMADHANI, NIM. 13220012 Y1 - 2016/11/24/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan sekolah. Setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku disiplin sesuai dengan aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah, salah satunya yaitu siswa dilarang membolos. Berbagai upaya untuk meminimalisir jumlah siswa yang terlambat masuk sekolah sudah lakukan salah satunya dengan terapi aversi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan langkah-langkah terapi aversi dalam menangani siswa membolos. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek yang menjadi sumber penelitian Guru BK, Wakil Kepala Sekolah, dan dua siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah terapi aversi dalam menangani siswa membolos di SMP Negeri 4 Delanggu, yaitu asesmen, menetapkan tujuan, implementasi teknik, dan evaluasi pengakhiran PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Terapi Aversi KW - Siswa Membolos M1 - skripsi TI - TERAPI AVERSI DALAM MENANGANI SISWA MEMBOLOS DI SMP NEGERI 4 DELANGGU AV - restricted EP - 132 ER -