%A NIM. 13810089 YUANITA MEGA SUNDARI %O Joko Setyono, S.E., M.Si. %T ANALISIS DAYA SAING DAN STRATEGI PENGEMBANGAN EKSPOR KARET ALAM INDONESIA DAN THAILAND DI ERA PERDAGANGAN INTERNASIONAL %X Indonesia bersama dengan Thailand, merupakan dua negara terbesar pemasok utama karet dunia. Sebagai pemasok karet alam bagi dunia, melihat peluang sekaligus mencoba untuk mencari pasar potensial untuk dapat mempertahankan hubungan perdagangan yang seimbang dengan negara-negara maju merupakan hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing karet alam Indonesia dan Thailand, serta menentukan strategi yang cocok dan efisien untuk pengembangan ekspor karet alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis CMS (Constant Market Share) dan IFE, IFE serta SWOT. Analisis CMS digunakan untuk menganalisis daya saing ekspor karet alam Indonesia dan Thailand di pasar dunia. Sedangkan analisis IFE, EFE dan SWOT untuk menetukan strategi pengembangan ekspor karet alam. Hasil analisis CMS menunjukkan bahwa Indonesia dan Thailand sama-sama memiliki daya saing dalam ekspor karet alam di dunia. Namun Indonesia tetap memiliki beberapa kewajiban demi kelangsungan ekspor karet alamnya, beberapa kebijakan harus lebih di tingkatkan. Sedangkan Thailand kebijakan yang diambil oleh pemerintah sudah sangat baik demi kelangsungan ekspor karet alamnya. %K Ekspor karet alam, Constant Market Share, SWOT %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22967