eprintid: 2298 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/22/98 datestamp: 2012-08-08 09:13:32 lastmod: 2017-03-15 02:17:23 status_changed: 2012-05-04 16:42:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Eko Wiyono NIM 01470727, title: PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA TKIT BAITUSSALAM 2 CANGKRINGAN SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Penanaman, Keagamaan, Siswa, TKIT Baitussalam note: Pembimbing : Dr. H. Ahmad Arifi, M. Ag. abstract: ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, yang pengumpulan datanya dilakukan dengan melakukan observasi/pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai keagamaan yang dilaksanakan di Taman kanak-kanak Baitussalam 2 Cangkringan Sleman. Potensi atau fitrah beragama dapat berkembang apabila mendapatkan rangsangan dan masukan dari luar yang memungkinkan berkembangnya potensi tersebut. Hasil penelitian bahwa pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai agama sejak dini dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan yang tepat, bimbingan, motivasi, untuk pengembangan fitrah manusia dengan materi dan metode yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak/siswa. Materi yang diberikan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan ini secara garis besar dikelompokan dalam tiga bagian, yaitu; materi aqidah, ibadah, dan akhlak. konsep yang ditanamkan adalah sebagai berikut; penanaman nilai-nilai aqidah/tauhid mencakup; rukun iman yang enam yaitu pengenalan terhadap Allah, malaikat, rasul, kitab, hari ahir dan qadha dan qadar. Nilai ibadah mencakup; thoharoh (wudhu), adzan dan iqomah, shalat, puasa, zakat, dan haji. Sedangkan nilai akhlak mencakup akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama, akhlak terhadap alam/ lingkungan. Metode sebagai jalan membantu dalam penanaman nilai, adapun metode yang diterapkan antara lain; teladan, pembiasaan, demontrasi, nasihat, ceramah, tanya jawab, kisah/cerita, nyayian, hukuman dan hadiah, serta hafalan. Metode tersebut diterapkan secara fleksibel sesuai dengan keadaan siswa untuk menumbuhkan semangat berpartisipasi, ketertarikan, mengurangi kebosanan dan membangkitkan semangat belajar siswa, sehingga akan tercipta suasana yang kondusif. Dengan materi yang tepat dan didukung dengan pemilihan metode dan pendekatan yang diterapkan bervariatif dapat menciptakan lingkungan atau suasana yang kondusif, menyenangkan, kreatif didasarkan pada tingkat perkembangan anak, sehingga diharapkan dapat mewjujudkan generasi bangsa yang mempunyai kepribadian Islami. Tujuannya menumbuh kembangkan rasa agama anak secara optimal sehingga terbentuk prilaku dan kemapuan dasar sesuai tahap perkembangannya sehingga nantinya memiliki kesiapan memasuki usia berikutnya (pendidikan selanjutnya). Penanaman nilai agama pada anak dengan memberi warna berupa penenalan nilai-nilai agama yaitu untuk membentuk persepsi awal yang positif dalam memahami konsep atau nilai agama yang menjadi dasar konsep diri anak dan mempengaruhi kehidupan selajutnya. date: 2009-05-26 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-05-26 14:24:23 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ekowiyonon-2037-1-ekowiyo-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/41/digilib-uinsuka--ekowiyonon-2037-1-ekowiyo-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2413 ; nama file lama : EKO WIYONO 01470727 PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA TKIT BAITUSSALAM 2 CANGKRINGAN SLEMAN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1594430 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Eko Wiyono NIM 01470727, (2009) PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN SISWA TKIT BAITUSSALAM 2 CANGKRINGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2298/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2298/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf