%A SUPRIYANA - NIM. 06140082 %O PEMBIMBING: DRS. PURWONO, M.SI %T PERSEPSI PEMAKAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN PURWOKERTO JAWA TENGAH %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemakai terhadap kualitas pelayanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Variabel pada penelitian ini hanya satu buah variabel yakni persepsi pemakai terhadap kualitas pelayanan sirkulasi di perpustakaan. Analisis persepsi berdasarkan pada lima dimensi service pelayanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Jumlah sampel yang digunakan dalam analisis ini adalah sebanyak 100 orang yang merupakan anggota Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman dengan menggunakan sampel random strata propotional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran variabelnya menggunakan skala Likert dengan 4 (empat) skala. Sebelum melakukan pengumpulan data, terlebih dahulu kuisioner diuji validitas menggunakan statistik korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi pemakai terhadap kualitas pelayanan sirkualsi di perpustakaan sebesar 2,63 yang dikategorikan baik. Berdasarkan hasil tersebut, maka perpustakaan masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan di bagian sirkulasi. %K kualitas pelayanan, persepsi pemakai, pemakai perpustakaan %D 2009 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib2299