%A NIM. 11210128 ARIS SETIYANTO %O Mohammad Zamroni, S. Sos. I., M. Si %T MAKNA SEDEKAH DALAM IKLAN LAZISMU VERSI “OJEK PAYUNG” (KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE) %X Aris, Setiyanta 11210128, 2015 “Makna Sedekah dalam Iklan Lazismu Versi “Ojek Payung” (Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce). Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Berbicara tentang media komunikasi di era modern tidak terlepas dari iklan. Selain sebagai media promosi iklan juga bisa bermanfaat sebagai media hiburan. Iklan dapat menjadi media komunikasi yang efektif jika dikemas dengan kreatif dan relevan dengan kehidupan. Terutama dalam iklan yang mengangkat tema sosial yang dapat membantu memecahkan permasalahan umat. Seperti iklan yang diterbitkan oleh lembaga amil zakat nasional Lazismu dengan judul “Ojek payung”. Iklan ini mengambil tema tentang saling berbagi terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan mengetahui makna sedekah yang ingin disampaikan dalam iklan Lazismu versi”Ojek Payung”. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi kualitatif kritis. Analisis data menggunakan semiotika Charles Sanders Pierce dengan triangle of meaning dan tipologi tanda untuk menganalisis isi dari subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara. Hasil Peneltian ini adalah terdapat empat makna sedekah, yaitu pertama bekerja dan memberi nafkah pada sanak keluarga ditunjukkan pada sopir dan tukang ojek payung yang sedang mencari rejeki, Kedua berwajah manis atau memberikan snyuman ditunjukan pada sosok tukang ojek payung dan nenek. Ketiga berlomba-lomba dalam kebaikan ditunjukkan dalam para tukang yang bergegas menjemput pelanggannya. Keempat membantu urusan orang lain, ditunjukkan dalam tukang ojek payung memberikan uang pada seorang nenek. %K Iklan, Sedekah, Lazismu %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib22998