eprintid: 23011 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/30/11 datestamp: 2016-12-20 02:39:21 lastmod: 2016-12-20 02:39:21 status_changed: 2016-12-20 02:39:21 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ATIA MAHMUD HASAN FAUZI SPDI, NIM. 1420411029 title: ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS) HUBUNGAN KONSEP DIRI, PERILAKU, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP SRL (SELF REGULATED LEARNING) PADA SISWA DAN KORELASINYA TERHADAP PRESTASI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_hi full_text_status: restricted keywords: Konsep Diri, perilaku, lingkungan Belajar, prestasi belajar note: Dr. Abdul Munif, M.Pd, abstract: Penelitian ini merupakan penelitian korelatif yang bertujuan untuk mengungkap dan mengetahui hubungan antara faktor konsep diri, perilaku, lingkungan belajar terhadap SRL (self regulated learning) pada siswa dan korelasinya terhadap prestasi pelajaran bahasa Arab Kelas VII di MTs NU 13 Arrahmat Sukorejo Kendal. Subjek penelitian ini seluruh populasi siswa kelas VII MTs NU 13 Arrahmat Sukorejo Kendal Tahun 2015/1016 yang berjumlah 108 siswa. pengumpulan data tentang konsep diri, perilaku, lingkungan belajar dan SRL (self regulated learning) dilakukan dengan metode angket, sedangkan pengumpulan data prestasi belajar bahasa Arab siswa diperoleh melalui metode dokumentasi. Pengkajian instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk mengetahui hubungan antar variabel digunakan tehnik analisis korelasi parsial, sedangkan untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama digunakan tehnik analisis regresi ganda. Kemudian dilanjutkan dengan analisis jalur untuk mengetahui hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan secara bersama-sama konsep diri, perilaku dan lingkungan belajar memiliki hubungan yang posistif dengan SRL (self regulated learning) sebesar 0,754 dan besarnya pengaruh adalah 56,8%. Secara parsial konsep diri tidak memiliki hubungan terhadap SRL (self regulated learning) siswa. sedangkan perilaku dan lingkungan belajar mempunyai hubungan yang positif terhadap SRL (self regulated learning) masing masing sebesar 0,567 dan 0,240. SRL (self regulated learning) juga memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab yang besarnya 0,549. Kemudian konsep diri, perilaku, lingkungan belajar dan SRL (self regulated learning) secara bersamasama memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa Kelas VII MTs NU 13 Arrahmat Sukorejo Kendal sebesar 0,212. Secara parsial tidak ada hubungan yang positif antara konsep diri, perilaku dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. Hasil analisis koefisien jalur diperoleh bahwa variabel perilaku dan lingkungan belajar memiliki hubungan langsung dan tidak langsung terhadap SRL (self regulated learning) sedangkan konsep diri tidak memiliki hubungan. variabel Konsep diri, perilaku, ligkungan belajar dan SRL (self regulated learning) memiliki hubungan secara tidak langsung terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa Kelas VII MTs NU 13 Arrahmat. Secara langsung variabel konsep diri, perilaku, dan lingkungan belajar tidak memiliki hubungan dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa Kelas VII MTs NU 13 Arrahmat. date: 2016-09-16 date_type: published pages: 195 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA; PENDIDIKAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ATIA MAHMUD HASAN FAUZI SPDI, NIM. 1420411029 (2016) ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS) HUBUNGAN KONSEP DIRI, PERILAKU, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP SRL (SELF REGULATED LEARNING) PADA SISWA DAN KORELASINYA TERHADAP PRESTASI PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS NU 13 ARRAHMAT SUKOREJO KENDAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23011/1/1420411029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23011/2/1420411029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf