%0 Thesis %9 Skripsi %A AHMAD JAFAR, NIM.1420411067 %B PROGRAM PASCASARJANA; PENDIDIKAN ISLAM %D 2016 %F digilib:23014 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Dukungan Orang Tua, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar %P 157 %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MAN WONOKROMO BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23014/ %X Ahmad Jafar, S.Pd.I. “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Wonokromo Bantul”. Secara umun tinggi rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan ekternal. Dari beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar tersebut di atas, penulis meneliti dua faktor saja yaitu dukungan orang tua dan kemandirian belajar. Hal ini disebabkan karena dari observasi awal dan wawancara yang penulis lakukan banyak sekali ditemui gejala yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa diantaranya karena kurangnya dukungan orang tua dan rendahnya kemandirian belajar siswa. Sehingga diduga kurangnya dukungan orang tua dan kemandirian belajar siswa merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah ada atau tidaknya kontribusi dukungan orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang mendeskripsikan suatu gejala melalui penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dipadukan dan kemudian diseleksi sesuai dengan kepentingan penelitian yang sistematis dan akurat. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa adanya kontribusi yang signifikan antara dukungan orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas X dan XI di MAN Wonokromo Bantul walaupun tidak terlalu besar dengan tingkat sumbangan bersama-sama sebesar 29,9 atau 29,9 %. Adapun variabel yang paling kuat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa Arab yaitu kemandirian belajar sebesar 15,9 %, sedangkan variabel persepsi siswa tentang dukungan orang tua sebesar 14%. Hal ini berarti semakin baik dukungan orang tua dan semakin mandiri siswa dalam belajar maka akan meningkatkan hasil belajar siswa. Dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa kelas X dan XI di MAN Wonokromo Bantul. %Z Dr. Ibrahim, M.Pd.