@phdthesis{digilib23017, month = {December}, title = {MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI TUNANETRA DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.1420411103 UMU SHODIQOH}, year = {2016}, note = {Dr. Sigit Purnama, M.Pd}, keywords = {Model Pembelajaran ARCS, Pembelajaran bahasa Arab bagi Tunanetra}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23017/}, abstract = {Model pembelajaran ARCS(Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction) merupakan model yang berkaitan tentang motivasi yang sangat mempengaruhi proses belajar. Pembelajaran bahasa Arab bagi tunanetra tidak mudah dikerenakan adanya keterbatasan fisik yang dapat mengurangi pemerolehan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran ARCS yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab yang lebih mengutamakan perhatian siswa, menyesuaikan materi pembelajaran dengan pengalaman belajar siswa, menciptakan rasa percaya diri siswa dan menimbulkan rasa puas dalam diri siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bardasarkan hasil penelitian, Pembelajaran bahasa Arab menggunakan model ARCS cocok bagi tunanetra yang memiliki berbagai macam perilaku yang berbeda karena tingkat ketunanetraannya. Pembelajaran bahasa Arab menggunakan Model ARCS lebih memotivasi siswa karena dapat memberikan semangat, lebih mengedepankan kebutuhan siswa, memberikan perhatian lebih kepada siswa, memberikan kepuasan pada siswa dengan apa yang mereka lakukan, dan memberikan rasa percaya diri siswa semakin meningkat sehingga pembelajaran bahasa Arab terasa lebih mudah, aktif dan menyenangkan} }