%A NIM.1420411103 UMU SHODIQOH
%O Dr. Sigit Purnama, M.Pd
%T MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND
SATISFACTION) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI
TUNANETRA
DI MTS YAKETUNIS YOGYAKARTA
%X Model pembelajaran ARCS(Attention, Relevance, Confidence and
Satisfaction) merupakan model yang berkaitan tentang motivasi yang sangat
mempengaruhi proses belajar. Pembelajaran bahasa Arab bagi tunanetra tidak
mudah dikerenakan adanya keterbatasan fisik yang dapat mengurangi
pemerolehan pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis model pembelajaran ARCS yang digunakan dalam pembelajaran
bahasa Arab yang lebih mengutamakan perhatian siswa, menyesuaikan materi
pembelajaran dengan pengalaman belajar siswa, menciptakan rasa percaya diri
siswa dan menimbulkan rasa puas dalam diri siswa. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Bardasarkan hasil penelitian, Pembelajaran bahasa Arab menggunakan
model ARCS cocok bagi tunanetra yang memiliki berbagai macam perilaku yang
berbeda karena tingkat ketunanetraannya. Pembelajaran bahasa Arab
menggunakan Model ARCS lebih memotivasi siswa karena dapat memberikan
semangat, lebih mengedepankan kebutuhan siswa, memberikan perhatian lebih
kepada siswa, memberikan kepuasan pada siswa dengan apa yang mereka
lakukan, dan memberikan rasa percaya diri siswa semakin meningkat sehingga
pembelajaran bahasa Arab terasa lebih mudah, aktif dan menyenangkan
%K Model Pembelajaran ARCS, Pembelajaran bahasa Arab bagi
Tunanetra
%D 2016
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib23017