eprintid: 23019 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/30/19 datestamp: 2016-12-20 03:42:22 lastmod: 2016-12-20 03:42:22 status_changed: 2016-12-20 03:42:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD NUR KHALIMUDDIN, SPDI, NIM. 1420411172 title: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Problematika Pembelajaran Kalām, Psikolinguistik note: Dr. Uki Sukiman, M.Ag. abstract: MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (Perspektif Psikolinguistik)”. Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab yang belum sesuai dengan tujuan, dan bukan menjadi prioritas utama di SMK Muhammadiyah. Seharusnya bahasa Arab juga diposisikan sebagai pelajaran bahasa Asing sebagai sarana latihan berkomunikasi, apalagi bahasa Arab adalah bahasa utama untuk mengkaji Al-Qur‟an dan hadits, maka seharusnya ini dapat menjadi pemicu suksesnya pembelajaran bahasa Arab. Perlu diketahui bahwa salah satu kegunaan bahasa adalah untuk berkomunikasi secara lisan untuk menyampaikan maksud kepada lawan bicara. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa Arab di SMK Muhammadiyah selama ini mengajarkan bahasa Arab di tengah kondisi yang bisa dikatakan belum memungkinkan, untuk mampu membuat peserta didiknya berkomunikasi dan minimal mempraktikkan bahasa Arab dalam lingkungan sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang mendeskripsikan suatu gejala melalui penelitian lapangan. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dipadukan dan kemudian diseleksi sesuai dengan kepentingan penelitian yang sistematis dan akurat. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa problematika yang dialami dalam pembelajaran bahasa Arab, terutama dalam pembelajaran keterampilan berbicara kepada siswa SMK Muhammadiyah di Yogyakarta adalah kurangnya kurang tepatnya standar kompetensi yang ada pada silabus dalam kurikulum ISMUBA untuk kemampuan praktis siswa. Kemudian minimnya alokasi waktu pelajaran bahasa Arab yang diberikan di sekolah, sehingga para pengajar kesulitan dalam menyampaikan materi secara menyeluruh, serta hasil yang dituju hanya sebatas kemampuan kognitif saja. Selain itu guru juga harus dihadapkan dengan beberapa siswa yang belum bisa membaca dan menulis huruf Arab, sehingga perlu kerja ekstra untuk menyampaikan materi dalam waktu sesingkat itu. Kemudian faktor yang mempengaruhi adanya permasalahan tersebut adalah latar belakang pendidikan siswa yang tidak sama rata, dan buku ajar yang belum sesuai kondisi karena disama-ratakan untuk SMA/MA/SMK. Upaya yang ditempuh untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa oleh pengajar pun berbeda-beda, ada yang dengan hafalan, menggunakan media pembelajaran baik audio maupun visual, atau sekedar menjanjikan penilaian untuk memicu semangat belajar date: 2016-12-06 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA; PENDIDIKAN ISLAM thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD NUR KHALIMUDDIN, SPDI, NIM. 1420411172 (2016) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KALĀM DALAM PELAJARAN BAHASA ARAB SMK MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23019/1/1420411172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23019/2/1420411172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf