eprintid: 23033 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/30/33 datestamp: 2016-12-20 05:11:38 lastmod: 2016-12-20 05:11:38 status_changed: 2016-12-20 05:11:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SRI ENGGAR KENCANA DEWI, NIM. 1420420018 title: KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pps_pgmi full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pembelajaran, IPA note: Dr. Siti Fatonah, M.Pd abstract: Latar belakang penelitian ini adalah adanya guru yang kurang mengetahui penyusunan dan pengembangan rancangan kegiatan pembelajaran, adapun sebagian guru menganggap rancangan kegiatan pembelajaran hanya sebagai bagian administrasi, lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran, serta proses penilaian pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep. Hal itu termasuk dalam manajemen pembelajaran, yang dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. MIN YK II dan MIN Tempel dua merupakan madrasah yang terkenal dengan keunggulannya dengan berbagai prestasi yang diraih serta sistem manajemen madrasah yang diterapkan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengatahui, 1) Manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II. 2) Manajemen pembelajaran IPA di MIN Tempel. 3) Persamaan manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II dan MIN Tempel. 4) Perbedaan manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II dan MIN Tempel. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Maka untuk memperoleh data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis model siklus interaktif Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, manajemen pembelajaran IPA di MIN YK II yakni meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran IPA dengan baik. Kedua, manajemen pembelajaran IPA di MIN Tempel meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran juga telah diterapkan pembelajaran IPA dengan baik. Ketiga, persamaan manajemen pembelajaran pada kedua madrasah tersebut yakni sama-sama melakukan perencanaan pembelajaran dengan adanya perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran juga sama diawali dengan apersepsi, menyampaikan materi, penggunaan alat pembelajaran,, metode pembelajaran dan mengakhiri pembelajaran, kemudian penilaiannya sama yakni dengan PR/Tugas, ulangan harian, UTS dan UAS. Keempat, perbedaan manajemem pembelajaran IPA di kedua madrasah tersebut terdapat pada perencanaan pembelajaran di MIN YK II membuat perangkat pembelajaran sejalan aktifnya pembelajaran di madrasah, tetapi di MIN Tempel pembuatannya sebelum aktif pembelajaran (masih liburan) di madrasah. Selain itu, di MIN YK II penggunaan alat pembelajaran yang kurang maksimal, sedangkan di MIN Tempel penggunaan alat pembelajaran digunakan dengan maksimal untuk membantu penyampaian pembelajaran, kemudian perbedaan terakhir yaitu pada pengelolaan kelas di MIN YK II penempelan karya-karya siswa di tembok, sedangkan di MIN Tempel penempelan karya-karya siswa disedia date: 2016-11-08 date_type: published pages: 261 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: PROGRAM PASCASARJANA; PENDIDIKAN GURU MI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SRI ENGGAR KENCANA DEWI, NIM. 1420420018 (2016) KOMPARASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN IPA DI MIN YOGYAKARTA II DAN MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23033/1/1420420018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23033/2/1420420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf