TY - THES N1 - Dr. Sabarudin, M.Si. ID - digilib23047 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23047/ A1 - MINZANI AUFA, SPDI, NIM. 1420421001 Y1 - 2016/10/28/ N2 - Thesis ini merupakan kajian terhadap implementasi kurikulum terintegrasi saintifik yang merupakan kontinyuitas dari hadirnya kurikulum 2013 yang berbasis saintifik agar pembelajaran lebih menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, konsep kurikulum terintegrasi saintifik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, kedua, mengetahui implementasi kurikulum terintegrasi saintifik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, ketiga, faktor yang mendukung dan menghambat implemantasi kurikulum terintegrasi saintifik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Penelitian ini berorientasi pada penelitian lapangan (Field Riaserch). Berupa penelitian yang bersifat diskriptif non statistic sebagai upaya untuk menggambarkan gejala, peristiwa atau kejadian yang aktual pada obyek. Hasil penelitian meunjukan bahwa Pertama, Konsep Kurikulum SDIT Salsabila 3 Banguntapan, dalam konsep ini menekankan pada keilmiahan, artinya pada setiap mata pelajaran pendidik menerapkan pendekatan saintifik dengan melalui pendekatan kontekstual 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jaringan/ mengkomunikasikan). Kedua, implementasi kurikulum terintegrasi saintifik di SDIT Salsabila 3 Banguntapan, Kondisi yang telah dilakukan bahwa SDIT Salsabila 3 Banguntapan menyusun kurikulum terintegrasi saintifik ini sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, dalam implementasi kurikulum terintegrasi saintifik terjadi pada proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. SDIT Salsabila 3 Banguntapan telah mampu menyelenggarakan pendidikan yang sistematis dan efektif sehingga tujuan yang telah dicanangkan dapat tercapai secara optimal. Ketiga, Faktor yang mendukung antara lain: a) Kesungguhan kepala sekolah yang penuh dengan tanggung jawab, b) dukungan komite sekolah, c) sarana dan prasarana yang cukup mendukung, d) lokasi yang strategis dan nyaman. Adapun faktor yang menghambat antara lain: a) Proses pelaksanaaanya masih berpusat pada guru, b) Kurangnya semangat dan inovasi guru dalam mengembangkan materi dan perangkat pembelajaran, c) Pelaksanaan kurikulum tertintegrasi saintifik guru dituntut untuk melaksanakan sistem penilaian secara mandiri dan berkelanjutan d) Siswa lelah dalam proses pembelajaran, e) Waktu tidak cukup dan terlalu singkat. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi Kurikulum KW - Terintegrasi Saintifik M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI KURIKULUM TERINTEGRASI SAINTIFIK SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN AV - restricted ER -