eprintid: 2307 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/23/07 datestamp: 2012-08-08 09:28:27 lastmod: 2017-04-03 01:27:02 status_changed: 2012-05-04 16:42:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD SAIFULLAH NIM. 03420244, title: PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: B subjects: P divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Sikap, Minat, Motivasi, Belajar, Prestasi Bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. Maksuddin, M.Ag, abstract: Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelititan lapangan (field reseach). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara sikap (X1), minat (X2) dan motivasi (X3) terhadap prestasi hasil belajar bahasa Arab (Y) pada kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008 sebanyak 457 siswa yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan cara cluster sample, yaitu dilakukan dengan cara mengambil subjek berdasarkan pada kelompok, adapun yang dijadikan sampel sebagai subyek penelitian adalah kelas IVA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Untuk menguji keampuhan instrumen data dilakukan dengan menggunakan uji validitas menggunakan rumus Kolmogorof Smirnov dan uji reliabilitas dengan menggunakan reliabilitas konsistensi internal dengan formula koefisien alpha Cronbach. Persyaratan analisis dengan menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Chi Square, uji linieritas data menggunakan rumus uji F, untuk analisis data menggunakan regresi linier. Hasil penelititan menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara X1 terhadap Y, X2 terhadap Y, X3 terhadap Y secara sendiri-sendiri, maupun X1, X2, X3 terhadap Y secara bersama-sama. Tidak adanya pengaruh ini dapat dilihat dari perolehan penghitungan uji hipotesis pertama, hasil yang didapat adalah -0,519 (Thitung) 2,024(Ttabel), hasil hipotesis kedua -0,404 (Thitung) 2, 024(Ttabel), hasil hipotesis ketiga -1,946(Thitung) 2,024(Ttabel), dan hasil hipotesis keempat -0,102, 0,653, dan -1,929(Thitung) 2,024(Ttabel). Sumbangan Efektif sikap, minat dan motivasi secara bersama terhadap variabel dependen sebesar SE=10,13%. Selebihnya ada sebanyak 89,87% variabel bebas yang mempengaruhi prestasi hasil belajar bahasa Arab. date: 2009-05-26 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-05-26 11:20:47 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ahmadsaifu-2010-1-ahmadsa-b.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/41/digilib-uinsuka--ahmadsaifu-2010-1-ahmadsa-b.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2386 ; nama file lama : AHMAD SAIFULLOH 03420244 PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2253882 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AHMAD SAIFULLAH NIM. 03420244, (2009) PENGARUH SIKAP, MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BAHASA ARAB KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2307/1/BAB%20I%2CV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2307/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf