%0 Thesis %9 Skripsi %A ARUM SEPTYA AYU, NIM. 12610015 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:23103 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K permainan sudoku, pewarnaan graf, algoritma runut balik, VB.Net %P 246 %T PENERAPAN ALGORITMA RUNUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM PEWARNAAN GRAF (GRAPH COLORING) PADA PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23103/ %X Pewarnaan simpul adalah pemberian warna pada setiap simpul, sehingga tidak ada simpul bertetangga memiliki warna yang sama. Pewarnaan graf khususnya pewarnaan simpul banyak diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan. Salah satunya yaitu menyelesaikan permasalahan permainan sudoku. Permainan teka-teki angka berbasis logika ini bertujuan untuk mengisikan angka dengan aturan dalam setiap baris, kolom dan subgrid tidak ada angka yang sama. Penelitian ini menentukan solusi permainan sudoku internasional yang berbentuk bujur sangkar ( %Z Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc.,