TY - THES N1 - Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc., ID - digilib23103 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23103/ A1 - ARUM SEPTYA AYU, NIM. 12610015 Y1 - 2016/12/02/ N2 - Pewarnaan simpul adalah pemberian warna pada setiap simpul, sehingga tidak ada simpul bertetangga memiliki warna yang sama. Pewarnaan graf khususnya pewarnaan simpul banyak diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan. Salah satunya yaitu menyelesaikan permasalahan permainan sudoku. Permainan teka-teki angka berbasis logika ini bertujuan untuk mengisikan angka dengan aturan dalam setiap baris, kolom dan subgrid tidak ada angka yang sama. Penelitian ini menentukan solusi permainan sudoku internasional yang berbentuk bujur sangkar ( PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - permainan sudoku KW - pewarnaan graf KW - algoritma runut balik KW - VB.Net M1 - skripsi TI - PENERAPAN ALGORITMA RUNUT BALIK (BACKTRACKING) DALAM PEWARNAAN GRAF (GRAPH COLORING) PADA PENYELESAIAN PERMAINAN SUDOKU AV - restricted EP - 246 ER -