TY - THES N1 - Mulin Nu?man, M.Pd. ID - digilib23140 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23140/ A1 - SITI FAUZIAH, NIM. 11600025 Y1 - 2016/08/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dipadukan dengan strategiThink Talk write (TTW) terhadap pemahaman konsep dan komunikasimatematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan CTL yang dipadukan dengan strategi TTW, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep dan indikator komunikasi matematis. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t testuji Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS, sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas variansi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) yang dipadukan dengan metode Think Talk Write(TTW) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Contextual Teaching Learning KW - Think Talk Write KW - Pemahaman konsep KW - komunikasi matematis. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIPADUKAN DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA AV - restricted ER -