%A NIM. 12600024 WAHYU SRI HARTUTIK %O Dr. Ibrahim, M.Pd. %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DILENGKAPI DENGAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) dilengkapi dengan Mind Map terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Penelitian quasi experiment ini menggunakan non-equivalent control group design melibatkan 62 siswa yang sudah dikelompokkan ke dalam dua kelas, yaitu kelas VIII A dan VIII C pada SMP Negeri 2 Godean. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe SDM dilengkapi dengan Mind Map, variabel terikat berupa kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis, serta variabel kontrol meliputi KAM. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan skala disposisi matematis. Data dianalisis menggunakan uji anova dua jalur yang sebelumnya telah dilakukan uji prasayarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi matematis siswa. Pembelajaran kooperatif tipe SDM dilengkapi dengan Mind Map lebih efektif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis daripada pembelajaran konvensional. %K Efektivitas, Structured Dyadic Methods (SDM), Mind Map, Pemahaman Konsep, Disposisi Matematis. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib23143