TY - THES N1 - Dr. Ibrahim, M.Pd. ID - digilib23145 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23145/ A1 - MAULIDIAH, NIM. 12600037 Y1 - 2016/08/30/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Selain itu, untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL dan KAM, serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok, dengan sampel siswa kelas VIII B dan VIII C. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. Selain itu, peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sedangkan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL tidak lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Metode pembelajaran Chalk Talk dengan pendekatan CTL KW - kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. M1 - skripsi TI - PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI METODE PEMBELAJARAN CHALK TALK DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) AV - restricted ER -