eprintid: 23176 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 77 dir: disk0/00/02/31/76 datestamp: 2016-12-22 03:06:48 lastmod: 2016-12-22 03:06:48 status_changed: 2016-12-22 03:06:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIZAL TANJUNG EFFENDI, NIM. 12600022 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: public keywords: Efektivitas, Pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting Model Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kritis, Disposisi Matematis note: Suparni, M.Pd., abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) terhadap disposisi matematis dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI). Variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Banguntapan Bantul tahun Pelajaran 2015/2016, dengan sampel siswa kelas VIII E dan siswa kelas VIII C. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis dan lembar skala disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan statistic parametrik inferensial, yaitu uji t-test (independent sample t-test) dan uji Mann Whitney untuk data yang tidak memenuhi prasyarat; normalitas dan homogenitas. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dari pada pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekattan Problem Based Learning (PBL) dengan setting model Group Investigation (GI) tidak lebih efektif terhadap disposisi matematis siswa dari pada pembelajaran konvensional. date: 2016-08-10 date_type: published pages: 289 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FARIZAL TANJUNG EFFENDI, NIM. 12600022 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN SETTING MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23176/1/12600022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23176/2/12600022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf