%A NIM. 11470007 DIAN RIZKY ASTUTI %O Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, dan Kepuasan Mahasiswa %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %X Dian Rizky Astuti. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Skripsi, Program Studi Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan (2) seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2015. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang aktif menggunakan perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 859 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu mahasiswa pengunjung perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebanyak 100 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas menggunakan matrik korelasi dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan frekuensi dan persentase, tabulasi silang, dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan perpustakaan dan kepuasan mahasiswa di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0.638 yang bernilai positif dan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari α 0.05 (pα0.05); dan (2) besarnya pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan mahasiswa di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebesar 61.4% yang didasarkan pada persamaan regresi dimana Y = 0.359 + 0.614X. Pada penelitian ini mahasiswa menyatakan kepuasan pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 2.201, kategori sedang dengan nilai sebesar 1.587, dan kategori rendah dengan nilai sebesar 0.973. Hal ini dapat diartikan ketika petugas perpustakaan memberikan kualitas pelayanan yang tinggi maka mampu meningkatkan kepuasan mahasiswa sebesar 61.4%. %K Kualitas Pelayanan, Perpustakaan, dan Kepuasan Mahasiswa %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib23179