<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990)"^^ . "Soeharto adalah presiden kedua Indonesia, Selama 32 tahun\r\nkepemimpinannya bangsa Indonesia telah mencapai banyak kemajuan dalam\r\nsegala bidang. Mungkin Soeharto adalah ulil amri dimana ia sudah ditakdirkan\r\nmenjadi pemimpin di Indonesia dengan dilandasi keyakinannya bahwa ia bisa\r\nmembuat kehidupan berbangsa dan bernegara mungkin menjadi lebih baik. Tetapi\r\nprosesi kekuasaan Soeharto pada tahun 1980-an sampe akhir 80, kita dapat\r\nmebaca karangan buku buku dimana banyak sekali tindakan yang dianggap\r\ntindakan represif dimana mayoritas korban dari ke represifan itu adalah umat\r\nislam yang notabenenya mendukung pelengseran Soekarno yang sejatinya\r\npandangan soekarno lebih cenderung kepada ideologi kiri. Kasus dimana Soeharto\r\nme marginalkan umat seperti Lampung berdarah, penembakan misterius dan\r\nDOM di Aceh kala itu.\r\nProses analisa dari penyusun menggunakan teori fungsionalisme Talcott\r\nParsons dengan menggunakan empat indikator yaitu adaptasi, integrasi,\r\npencapaian tujuan, dan pola latensi. Sedangkan dalam keilmuan islam penyusun\r\nmenggunakan contoh kasus dari nasab Ali bin abi thalib yang mendapat\r\ndiskriminasi dari Muawiyah di zaman umayyah, seperti kasus putra Ali yang\r\nbernama Hasan menentang penindasan Muawiyyah dan Husein menentang dan\r\nYazid sebagai khalifah kedua dalam dinasti umayyah.\r\nBerdasarkan paparan data diatas dapat disimpulkan bahwa politik\r\nmarginalisasi dalam indikator fungsionalisme ada empat. Pertama Fungsi adaptasi\r\ndimana Soeharto melakukan adaptasi sehingga proses kebijakannya ditentang\r\nmelalui diskusi asas tunggal, referendum di Aceh, preman dan lain lain yang\r\nmenggaggu stabilitas politik Soeharto. Kedua integrasi/ hubungan Soeharto dalam\r\npe-marginalan itu membuat hubungan umat islam menjadi surut sehingga timbul\r\ndogma—dogma buruk Soeharto, akan tetapi hubungan antar lembaga Negara\r\ndapat dikatakan baik. Ketiga dan Keempat ( pencapaian tujuan, pola laten ) dapat\r\ndisimpulkan kinerja Soeharto dalam segala bentuk bidang Administrasi, militer,\r\nekonomi dan lain-lain terjalin dengan tujuan yaitu kemakmuran rakyat walaupun\r\nmenggunakan cara-cara me-marginalkan atau melakukan tindakan diskriminatif.\r\nDalam hal pola Laten Soeharto digambarkan mempunyai gerakan symbol kultur\r\ndimana ia dapat merubah posisi politik dengan menjauhi dan mendekati kalangan\r\nagama maupun umum dengan cara memposisikan diri."^^ . "2016-08-30" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11370107"^^ . "ADAM GITA WANA"^^ . "NIM. 11370107 ADAM GITA WANA"^^ . . . . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Text)"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Text)"^^ . . . "11370107_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . . "POLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM\r\n(1983-1990) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #23187 \n\nPOLITIK MARGINALISASI SOEHARTO TERHADAP UMAT ISLAM \n(1983-1990)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .