%0 Thesis %9 Skripsi %A FITRIA SHOLIHAH, NIM. 10420063 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2016 %F digilib:23195 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K EKSPERIMENTASI TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTSN BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI %P 152 %T EKSPERIMENTASI TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTSN BENDOSARI SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23195/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab siswa eksperimen ( kelompok yang menggunakan teknik make a match) dengan kelompok kontrol ( kelompok yang tidak menggunakan teknik make a match) sebelum dan sesudah diadakan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIIIC dan kelas VIIIA di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 45 siswa, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen sejumlah 25 siswa dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol sejumlah 20 siswa. pengumpulan data dilakukan dengan metode eksperimen, observasi, wawancara,dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil uji “t” dari hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan teknik make a match, hasil analisis statistik menunjukkan bahwa uji t posttest antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen didapatkan nilai Sig. 0,647 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sedangkan uji t nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig 0,000 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelompok eksperimen. Setelah diadakan treatment ( eksperimen ) dengan menggunakan teknik make a match pembelajaran bahasa Arab pada maharah al-kalām,al-qirā`ah dan al-kitābah, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik make a match dapat membantu siswa aktif mengikuti pelajaran dan dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Bendosari Sukoharjo, walaupun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik make a match, dengan pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan teknik make a match %Z H. Zaenal Arifin Ahmad