@phdthesis{digilib23200, month = {December}, title = {UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB DENGAN METODE BERNYANYI DI KELAS VII MTS YAPI PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2015/2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11420028 ANOM ISNADI}, year = {2016}, note = {Bapak Nurhadi, M.A.}, keywords = {Metode Bernyanyi , Penguasaan Kosakata, Bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23200/}, abstract = {Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang dilaksanakan di MTs YAPI Sleman Yogyakarta, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata Bahasa Arab dengan metode bernyanyi dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas VII MTs YAPI Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, penerapan pembelajaran kosakata bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi berjalan dengan baik dan lancar, proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dapat menumbuhkan antusias siswa. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Perbedaaan ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pre-test ke post-tes pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-tes sebasar 50,19 dan nilai post-tes sebesar 75,28 pada kelas eksperiemen, sedangkan pada kelas control rata-rata nilai pre-tes sebesar 49,28 dan nilai post-test sebesar 61,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan metode brnyanyi terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTS YAPI Sleman Yogyakarta.} }